Pengurus KONI Pusat periode 2019 – 2023

Hari ini 15 Oktober 2020, usia Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) genap 82 tahun. Keluarga besar KONI Pusat memperingati hari ulang tahun di lantai 12 Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta. Peringatan sederhana yang digelar kali ini memperhatikan protokol kesehatan. Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman memberikan sambutan pada hari bersejarah organisasi yang dipimpinnya.

Di awal sambutan, Ketua Umum KONI Pusat ingatkan peran olahraga prestasi sejak masa perjuangan kemerdekaan. Bahkan cikal bakal KONI yakni Ikatan Sport Indonesia (ISI) telah berdiri 7 tahun sebelum Indonesia merdeka. Olahraga prestasi menjadi salah satu yang dilakukan anak bangsa dalam upaya memperjuangkan persatuan dan kemerdekaan. “Tanggung jawab kita bersama untuk melanjutkan cita-cita pendiri KONI”, kata Ketua Umum KONI Pusat.

Ketika itu ISI menggelar Pekan Olahraga ISI yang menjadi momentum persatuan masyarakat Indonesia dari berbadai daerah. Kegiatan olahraga tersebut menjadi ajang menunjukkan jati diri bangsa dan melawan diskriminasi pemerintah Kolonial Belanda.

Pasca kemerdekaan Indonesia, peran olahraga prestasi juga penting. Pekan Olahraga Nasional (PON) I yang digelar menunjukan kepada dunia bahwa seluruh suku bangsa di seluruh nusantara telah sepakat menjadi satu bangsa dan satu negara. Ajang olahraga tingkat nasional tersebut membuktikan Indonesia dibangun dari keragaman.

Sampai dengan saat ini, ajang olahraga tingkat nasional seperti PON maupun beragam Kejuaraan Nasional menjadi pemersatu keberagaman Indonesia. Seluruh perwakilan dearah yang beragam bertemu untuk bertanding, bukan untuk menunjukan daerah, suku, ras yang terbaik melainkan untuk mencari atlet terbaik yang akan wakili nama Indonesia.

Di masa pandemi Covid-19 yang belum usai, KONI menghadapi tantangan. Banyak masyarakat yang terdampak dengan pandemi termasuk masyarakat olahraga prestasi. Beberapa pertandingan tidak dapat digelar karena dikhawatirkan akan menyebarkan virus Covid-19.

Menanggapi kondisi yang ada, Ketua Umum KONI Pusat mengajak untuk mendukung pegiat olahraga prestasi lakukan kegiatan olahraga dengan penyesuaian protokol kesehatan. “Selaku induk organisasi olahraga, kita harus berikan support kepada para atlet, pelatih, dan pengurus cabor yang terus berupaya untuk melakukan kegiatan-kegiatan olahraganya”, katanya dalam sambutan Hari Ulang Tahun KONI.

Ketua Umum KONI Pusat juga sampaikan harapannya agar KONI dengan induk cabang olahraga dan para atletnya dapat memotivasi Bangsa Indonesia. Motivasi yang perlu diberikan kepada masyarakat luas antara lain agar patuh protokol kesehatan, selalu meningkatkan kebugaran badan dan dapat hidup sehat & selamat di masa pandemi.

Di akhir sambutannya, Ketua Umum KONI Pusat berdoa agar Bangsa Indonesia bisa survive di masa pandemi Covid-19. “Siasati hidup sehat dan selamat di masa Covid-19”, katanya. Ia pun ucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus dan karyawan KONI Pusat.