KONI Pusat Lantikan Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP.PERBASI)

Pelantikan menerapkan protokol kesehatan

Pandemi Covid-19 tidak melunturkan semangat organisasi pembinaan olahraga prestasi. Meski kompetisinya terkendala karena pandemi namun induk organisasi olahraga yang membina Bola Basket tetap berjalan. Adapun kepengurusan Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP.PERBASI) periode 2019 – 2023 dilantik pada Jumat 23 Oktober 2020. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman melantik kepengurusan PP.PERBASI di bawah kepemimpinan Kho Poo Thai atau dikenal Danny Kosasih.

Kegiatan pelantikan yang diselenggarakan di lantai 12 kantor KONI Pusat menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semua hadirin menggunakan masker dan telah dicek suhu tubuhnya. Selain itu, peserta pelantikan menjaga jarak antara satu individu dan individu lainnya. Adapun jumlah hadirin yang datang ke lokasi pelantikan dibatasi jumlahnya.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Ketua Umum KONI Pusat. Setelah itu, Ketua Umum KONI Pusat mengucapkan janji prasetia yang diikuti oleh semua pengurus PP.PERBASI yang hadir. Setelah usai, dilakukan penyerahan bendera dari Ketua Umum KONI Pusat kepada Ketua Umum PP.PERBASI serta penandatanganan berita acara pelantikan dan penyematan pin KONI pada Ketua Umum PP.PERBASI.

Kepengurusan PP.PERBASI 2019-2023

Ketua Umum PP.PERBASI, Danny Kosasih memberikan sambutan singkat pasca dilantik. Ia mengucapkan terima kasih karena telah dilantik hari ini. “Atas nama pengurus yang baru dilantik, saya ucapkan terima kasih kepada Ketua Umum KONI Pusat dan jajarannya yang sudah melantik”, katanya. “Mohon bimbingan agar bisa bersama membangun olahraga Indonesia khususnya bola basket”, sambungnya berharap cabang olahraga yang dipimpinnya akan membanggakan Indonesia dengan sejumlah prestasi.

Pasca Danny Kosasih menyampaikan sambutan, Ketua Umum KONI Pusat memberikan sambutan. “Selaku Ketua Umum KONI Pusat, Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PP.PERBASI atas pembinaan olahraga prestasi Indonesia”, kata Marciano membuka sambutannya.

Ketua Umum KONI Pusat juga menyinggung kegiatan besar yang akan digelar. PP.PERBASI direncanakan akan gelar FIBA Asia pada Tahun 2021 dan FIBA World Cup Tahun 2023. Momentum tersebut diharapkan dapat maksimalkan potensi Sport Tourism-nya. Marciano juga pesan untuk terapkan Sport Science dengan baik agar prestasi olahraga yang diraih bisa optimal. “Selaras dengan Haornas yang dicanangkan Menpora yaitu Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism”, pesannya agar tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2020 dapat diimplementasikan.

Selain itu, Ketua Umum KONI Pusat juga berharap liga basket dapat digelar kembali segera. Ia berharap IBL akan dapat digelar jika pemerintah sudah memandang penanganan Covid-19 sudah baik. IBL dapat digelar di daerah zona oranye, kuning dan hijau, serta daerah tersebut tidak menggelar Pilkada. Penyelenggaraannya juga harus terapkan protokol kesehatan yang ketat dan didampingi Satgas Covid-19. Tujuannya supaya pembinaan olahraga tetap berjalan tanpa menularkan Covid-19. “Hal ini memberikan ruang bagi para atlet, para pelatih dan mereka yang terlibat kegiatan olahraga”, ujarnya.

Menpora Zainudin Amali berikan sambutan secara virtual

Di akhir pelantikan, Menpora Zainudin Amali memberikan sambutan. Menpora berharap supaya pembinaan olahraga basket menonjol. Pesan lain juga diberikan Menpora pada hari ini terkait arahan Presiden Joko Widodo pada Haornas. “Kita me-review ekosistem pembinaan olahraga prestasi, dari hulu hingga hilir kita review sehingga kita menemukan satu format pembinaan yang baik”, tegasnya.

Menpora Zainudin Amali juga sampaikan harapannya agar PP.PERBASI memberikan kontribusi dalam pembentukan Grand Design Olahraga Nasional. Tak lupa, Menpora ingatkan pentingnya pembinaan atlet usia dini. Pada akhir sambutan, Zainudin Amali berpesan agar PP.PERBASI menjaga komunikasi baik dengan Pengurus tingkat Provinsi, KONI, Kemenpora dan lembaga lainnya.