Kemenpora, KONI, dan PB. Esports Hadirkan Turnamen Free Fire Bertajuk Piala KONI 2020

Esports sudah menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan dan ditonton oleh masyarakat Indonesia, terlihat dari banyaknya pemudia Indonesia yang sangat antusias dalam melakukan aktivitas ini.

Memasuki akhir tahun 2020, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan PB.Esports Indonesia percaya bahwa api ekosistem esports dan gaming di Indonesia akan terus berkobar hingga waktu yang tidak dapat diprediksi.

Untuk terus menjaga kobaran api tersebut, Kemenpora, KONI, dan PB.Esports menghadirkan turnamen esports terbesar di akhir tahun ini dengan tajuk Piala KONI 2020 yang puncaknya akan berlangsung pada tanggal 28 hingga 29 November 2020 mendatang, dan menyiapkan total hadiah sebesar Rp 200 juta.

Turnamen esports Piala KONI 2020 merupakan turnamen perdana yang dihadirkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) selaku lembaga otoritas keolahragaan di Indonesia dengan tujuan untuk lebih mengakrabkan esports ke masyarakat Indonesia.

Selain itu, Piala KONI 2020 juga menunjukkan bahwa pemerintah, melalui KONI dan PB. Esports Indonesia, memberi dukungan positif kepada olahraga yang menggunakan media video game, atau esports, di Indonesia.

Sekjen KONI Pusat, Drs.Tb.Ade Lukman, MEMOS memberikan apresiasi dan berharap munculnya atlet esports bertalenta. “Apresiasi yang setinggi-tingginya atas digelarnya kejuaraan esport oleh PB.ESI untuk menjaring Atlet terbaik dari seluruh Indonesia”, ujarnya. “Kami optimis  PB.ESI akan membawa harum nama bangsa melalui para Atletnya di kejuaraan tingkat internasional”, tambahnya.

Timeline Piala KONI 2020

Didukung oleh Garena, Piala KONI 2020 merupakan turnamen esport yang akan menggandeng game esports Free Fire, dan akan melangsungkan fase kualifikasi hingga grand final (main event) sepanjang November 2020 ini.

Akan ada dua kualifikasi yaitu kualifikasi barat dan timur yang berlangsung bersamaan pada tanggal 17 hingga 22 November 2020, kemudian dilanjutkan dengan grand final atau main event pada tanggal 28 hingga 29 November 2020.

Tiga tim peringkat teratas dari masing-masing kualifikasi barat dan timur berhak melaju ke babak main event untuk kemudian bertanding dengan 6 tim Free Fire terbaik Indonesia yang mendapat direct invitation.

Fase pendaftaran untuk tim esports Free Fire yang hendak mengikuti Piala KONI 2020 akan berlangsung pada tanggal 8 hingga 13 November 2020 mendatang.