Presiden Jokowi Minta Jajarannya Siapkan Roadmap Tuan Rumah Olimpiade 2032

Dalam arahannya pada Rapat Terbatas 4 November membahas Persiapan Indonesia menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Presiden Jokowi sampaikan bahwa Indonesia harus siap berkompetisi dengan beberapa negara lain. Presiden optimis Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mengalahkan Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, Cina dan India. Kesuksesan menggelar Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 menjadi alasan kepercayaan diri Presiden Jokowi.

“Ini membuka rasa percaya diri, juga membuka mata dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam event internasional” kata Jokowi. Sang Presiden meminta jajarannya untuk membuat roadmap tuan rumah Olimpiade 2032. International Olympic Committee (IOC) sudah menerapkan norma baru, di mana olimpiade harus digelar secara sederhana dan menghemat biaya.

“Olimpiade bukan lagi untuk menunjukkan gebyar kemewahan, tetapi sejauh mana kreativitas, inovasi, itu bisa dilakukan dalam mengimplementasikan norma baru yang diharapkan lebih hemat biaya dan lebih sederhana,” ujarnya.

Menyikapi arahan Presiden, Menpora Zainudin Amali sampaikan perlunya komite khusus yang mempersiapkan bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Hal tersebut didukung oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman menyatakan siap mendukung sepenuhnya Kemenpora dan KOI untuk mempersiapkan tim personil bidding demi memenangkan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

KONI juga siap mempertajam pembinaan olahraga khususnya terhadap beberapa olahraga berprestasi yang sering memperoleh medali di ajang internasional seperti bulu tangkis, angkat besi serta panahan.