Pelantikan Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PB.PABERSI)

Kegiatan organisasi olahraga prestasi tidak terhenti meski Pandemi Covid-19 belum usai. Masyarakat olahraga prestasi tetap semangat menjalankan roda organisasi. Salah satu buktinya adalah kegiatan pelantikan kepengurusan cabang olahraga Angkat Berat. Hari ini Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PB.PABERSI) periode 2020 – 2024 dilantik di lantai 12 kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat yang berada di Senayan, Jakarta Pusat.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman melantik kepengurusan PB.PABERSI di bawah kepemimpinan Anna Maria. Kegiatan pelantikan tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semua hadirin menggunakan masker dan telah dicek suhu tubuhnya. Selain itu, hadirin pada pelantikan juga dibatasi jumlahnya agar tamu undangan dapat menjaga jarak antara satu individu dan individu lainnya.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Ketua Umum KONI Pusat. Setelah itu, Ketua Umum KONI Pusat mengucapkan janji prasetia yang diikuti oleh semua pengurus PB.PABERSI yang hadir. “Secara resmi saya mengukuhkan dan melantik saudara-saudara sebagai Pengurus PB.PABERSI masa bakti 2020-2024”, ucap Marciano.

Setelah selesai mengucapkan janji prasetia, upacara dilanjutkan dengan penyerahan bendera dari Ketua Umum KONI Pusat. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan penyematan pin KONI pada Ketua Umum PB.PABERSI.

Selanjutnya, Anna Maria mengucapkan terima kasih karena telah dilantik oleh Ketua Umum KONI Pusat. Pada sambutan singkat yang diberikannya, ia meminta dukungan KONI untuk berprestasi. “Kami mengharapkan bantuan dari KONI Pusat, KONI Daerah agar prestasi angkat berat Indonesia ke depan dapat lebih baik dan dapat membawa nama Indonesia di tingkat internasional”.

Salah satu yang direncanakan PB.PABERSI adalah menggelar Kejuaraan Angkat Berat Asia pada Maret 2021 di Sumatera Utara. “Satu-satunya kejuaraan Asia yang belum ada di sejarah”, jelas Anna Maria tentang rencana kegiatan tersebut.

Ketua Umum KONI Pusat menyampaikan selamat kepada kepengurusan PB.PABERSI yang baru dilantik. Dalam sambutan, Marciano berharap agar perkembangan cabang olahraga angkat berat semakin baik, di tingkat nasional maupun internasional. “Ke depan, akan lebih banyak kesempatan untuk atlet-atlet kita menunjukkan kemampuannya”, harapnya. “Angkat berat sangat potensial untuk mengharumkan nama Indonesia”, tambahnya.

Marciano memberikan arahan kepada kepengurusan yang dipimpin Anna Maria. “Saya minta segera konsentrasi memetakan atlet-atlet kita yang ada di daerah-daerah”, katanya kepada Induk cabor yang baru menjadi anggota KONI pada Rakernas 2020. Ia pun ingatkan agar komunikasi dengan KONI di daerah masing-masing dibangun dengan baik. KONI Pusat siap membantu jika ada beberapa masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh PB.PABERSI.