Jajaran Pengurus Beserta Pegawai KONI Pusat Ziarah Ke Makam Lukman Niode

Dalam rangka memperingati HUT Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan memperingati Hari Pahlawan, jajaran pengurus dan pegawai KONI Pusat melakukan ziarah ke makam Almarhum Lukman Niode. Ziarah ke makam mantan pengurus KONI Pusat dan patriot olahraga Indonesia dilakukan pada Kamis 19 November 2020 di Tempat Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Ketua Bidang Kesejahteraan Pelaku Olahraga (Jahpelor) Icuk Sugiarto mewakili Ketua Umum KONI Pusat mengatakan bahwa sosok Almarhum jasa-jasanya terhadap olahraga begitu besar. “Almarhum tak akan pernah terlupakan dan cita-citanya akan dilanjutkan dalam peningkatan prestasi olahraga”, ucap Icuk Sugiarto.

Icuk juga menjelaskan bahwa tujuan kegiatan kali ini adalah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Almarhum Lukman Niode sebagai bagian dari keluarga besar KONI Pusat. Adapun ziarah ke makam dilakukan guna membangun hubungan baik kepada keluarga yang ditinggalkan oleh pria yang akrab disapa Luky.

Keluarga yang ditinggalkan yang hadir adalah istri mendiang Luky, Iin dan juga keluarganya bernama Idrus. Iin mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum KONI Pusat beserta jajaran pengurusnya karena perhatian yang diberikan. Tak terasa sudah 7 bulan Luky meninggalkan kita semua sejak 17 April 2020 lalu.

Semasa hidupnya Luky adalah salah satu perenang gaya pungung yang pertama kali bertanding di luar negeri pada Tahun 1973. Kala itu ia bertanding di Bangkok dan menempati urutan keempat. Dan setelah kejuaran di Bangkok, Luky pesta medali emas: 9 pada kajurnas 1976, 10 pada PON IX 1977, dan 7 pada PON X 1980.

Berikut catatan prestasinya
Perenang dalam PON 1977 meraih 10 medali emas; PON 1980 meraih 7 medali emas; SEA Games 1983 meraih 2 medali emas; pemegang rekor Asia untuk 100 meter gaya punggung; pemegang 2 rekornas untuk 200 meter gaya punggung, dan 100 m gaya bebas. Pada tahun 1982, Dia mendapat gelar sebagai Atlit terbaik versi harian Kompas.; Atlet terbaik oleh SIWO/PWI Jaya pada tahun 1981 dan 1983. Dia juga pernah menjadi Instructor Hutington Scuba Dive Club, AS (1984); istruktur surfing Newport Beach, AS (1984).