ECL Seri 6 Ajang Pembuktian Indonesia Layak Tuan Rumah FEI JWC

Indonesia turut serta ikut dalam Bidding tuan rumah sebuah kegiatan Equestrian yang diselenggarakan oleh Federasi Equestrian International (FEI). Kegiatan bergengsi tersebut adalah Final FEI Jump World Challenge (JWC) tahun 2021 yang diikuti 23 negara di seluruh dunia.

Salah satu upaya menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia pantas menjadi tuan rumah adalah dengan menyelenggarakan liga berkuda equestrian pertama yakni Equestrian Champions League (ECL) Seri 6 / Final. Penyelanggaraan ECL dilakukan di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jakarta. Jika Indonesia menjadi tuan rumah FEI JWC tahun depan maka, venue Equestrian pada Asian Games 2018 tersebut berpotensi menjadi venue kompetisi FEI JWC 2021.

ECL Seri 6 yang digelar 20 – 22 November 2020 sendiri merupakan final dari rangkaian liga. Pada hari pertama, juara dari 6 rangkaian pada 3 nomor kelas show jumping diumumkan. Pada kelas Show Jumping 110 – 120 cm Open (tim), tim Drupadi keluar menjadi pemenangnya. Tim ini beranggotakan Alvaro Menayang/ All Right Elang 45 dan Ferry Wahyu Hadiyanto / Granadine.  Pada kelas Show Jumping 100 cm dan Show Jumping 110 cm, pemenangnya adalah atlet muda M.Akbar Kurniawan.

Rasa bahagia dirasakannya pada hari pertama ECL Seri 6. “Alhamdulilah dari 6 Seri, rata-rata lancar walaupun ada pandemi”, katanya. “Kita harus tetap semangat, pantang menyerah dan siap bertanding”, pungkasnya.