Mantan Juara Dunia Dukung Kembalinya Liga Olahraga di Tengah Pandemi

Situasi pandemi COVID-19 membawa dampak terhadap perubahan sosial dan ekonomi yang dialami oleh para pelaku olahraga. Diketahui bahwa penyelenggaraan kegiatan olahraga mengalami penundaan baik single event maupun multi event.  Situasi seperti ini memberikan perubahan terhadap kesejahteraaan ekonomi pelaku olahraga.

Perubahan ekonomi yang dirasakan oleh para pelaku olahraga memaksa mereka untuk kreatif dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut dirasakan oleh mantan atlet tinju juara dunia, ia pun melihat bahwa kondisi beberapa atlet saat ini cukup mengenaskan.

Contohnya seperti di cabang olahraga sepakbola, atlet bola karena tidak ada kompetisi sampai-sampai akhirnya dia harus bertanding di liga-liga tarkam, bahkan ada yang harus mempertahankan kehidupannya dengan berjualan beras atau lainnya yang diluar bidangnya yaitu sepak bola”, tutur Chris John, Mantan Juara Dunia Tinju.


Sebagai mantan atlet, Chris John pun ingin pertandingan digelar kembali, namun dengan penerapan protokol yang ketat. Sebab, ia tidak ingin kompetisi olahraga menjadi cluster penyebaran COVID-19. Oleh karenanya, Chris John berharap para atlet bertanding dengan beberapa catatan. “Saya setuju pergelaran acara event olahraga itu bisa dimulai tapi tetap mematuhi protokol kesehatan. Diselenggarakan di zona hijau, kuning, orange, itu masih oke”, ujarnya.

Tentunya dalam melaksanakan kegiatan tersebut terdapat beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Diselenggarakan diluar zona merah
  2. Membatasi jumlah orang di lokasi
  3. Swab test berkala untuk orang-orang yang terlibat dalam kegiatan
  4. Dilarang kontak fisik dengan orang diluar tim
  5. Adanya petugas medis yang mengingatkan dan mengawasi

Diluar itu, ia juga menekankan pada masyarakat pentingnya untuk terus olahraga. “Saat kita berolahraga imunitas dalam diri kita, tentunya meningkat lebih baik dan imunitas sendiri tentunya sangat penting untuk menjaga kondisi dari serangan virus atau kuman-kuman diluar badan kita”, tambah Chris.

“Sehat, Semangat, Selamat Kompetisi tetap dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, menjaga kesehatan adalah cara kita melawan, kita bukan pecundang kita pasti menang, patuhin protokol kesehatan terus berolahraga” 

Yohannes Christian John