Penyempurnaan AD/ART KONI untuk Peningkatan Prestasi Olahraga

Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) digelar secara virtual hari ini tanggal 7 Desember 2020 oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat. Musornaslub kali ini diikuti oleh seluruh KONI Provinsi beserta Pengurus Besar/Pengurus Pusat Cabang Olahraga (Cabor) yang seluruhnya hadir secara virtual. Pimpinan sidang, Tim Pokja dan panitia hadir secara faktual di kantor KONI Pusat.

Tentunya kehadiran secara faktual perlu diikuti dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Hadirin yang mengikuti kegiatan ini secara langsung di Lantai 12 kantor KONI Pusat telah mengikuti rapid test, menggunakan masker, dan menjaga jarak antar satu dan lainnya.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman menyampaikan apresiasinya kepada seluruh hadirin. “Apresiasi serta penghormatan saya kepada para pimpinan KONI Provinsi, para pimpinan cabang olahraga yang tak kenal lelah, terus berupaya bekerja keras bagaimana memutar organisasi ini dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini kondisinya belum sesuai kita harapkan”, ujar Ketua Umum KONI Pusat.

Musornaslub kali ini merupakan kelanjutan dari Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Tahun ini. Ketika RAT pada akhir Agustus 2020, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) sempat dibahas namun tidak dapat disahkan. Oleh karenanya, pembahasan Musornaslub adalah tentang AD/ART KONI dan juga pengesahannya.

Marciano berharap Musornaslub KONI 2020 dapat menjadi langkah awal dalam menyempurnakan landasan organisasi. “Oleh karenanya, saya mengharapkan saudara-saudara sekalian memberikan perhatian dan dukungan yang penuh pada upaya kita menata organisasi kita lebih baik”, katanya.

Ketua Umum KONI Pusat juga sampaikan harapannya agar kelak organisasi olahraga memiliki tata kelola dan akuntabilitas yang baik. “Ke depan saya selalu berharap, baik KONI Pusat, KONI Provinsi maupun induk organisasi cabang olahraga dapat menjadi organisasi yang akuntabilitas keuangannya lebih baik dari organisasi-organisasi lainnya”, tambah Marciano.

Dengan adanya tata kelola organisasi yang baik maka pembinaan olahraga yang dilakukan juga akan memberikan dampak positif. Tata kelola organisasi yang perlu ditingkatkan bahkan telah menjadi amanat dari Presiden Joko Widodo pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 yang digelar bulan September. Organisasi yang baik akan mengantarkan para atlet mempersembahkan prestasi untuk Indonesia.

“Mari kita antar atlet-atlet kita untuk bisa selalu membawa nama baik daerah yang diwakilinya atau pada saat menjadi anggota Tim Nasional, mereka membawa Indonesia di tempat yang terhormat”, sebut Marciano tentang salah satu hal yang dapat diraih ketika organisasi berjalan baik.