Ketua Umum KONI Pusat Berpesan untuk Sosialisasikan Kabaddi

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman melantik jajaran Pengurus Pusat Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (PP.FOKSI) masa bakti 2018-2022. Pelantikan digelar secara faktual di Kantor KONI Pusat dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan juga secara virtual.

Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Pusat ucapkan selamat kepada kepengurusan PP.FOKSI yang dipimpin Brigjen TNI (Purn.) I Gusti Bagus Alit Putra. “Selamat kepada Ketua Umum beserta jajarannya yang sudah bekerja keras untuk olahraga kabaddi di tengah pandemi Covid-19”, kata Marciano.

Cabor Kabaddi memiliki potensi besar untuk menarik minat banyak generasi muda jika disosialisasikan. Hal tersebut disampaikan oleh Marciano. “Akan pesat jika disosialisasikan”, tegasnya. “Sosialisasikan yang gencar, saya yakin anak-anak kita dimanapun mereka berada, mereka akan bermain. Ketua Umum KONI Pusat berharap agar sosialisasi menjadi prioritas utama kepengurusan PP.FOKSI saat ini dan sekolah menjadi salah satu targetnya.

Kabaddi memang belum banyak dikenal masyarakat luas di Indonesia. Akan tetapi, sebuah permainan lokal yakni Gobak Sodor mirip dengan Kabaddi. Olahraga Kabaddi dipertandingkan pada Asian Games sejak 1990 termasuk tahun 2018 yang mana digelar di Tanah Air. Olahraga yang berasal dari kata Kai Pidi yang artinya adalah berpegangan tangan, lahir di India sekitar 4.000 tahun yang lalu dan menjadi tradisional masyarakat India kuno.

Prestasi cabor Kabaddi di Indonesia dapat dikatakan cukup baik. Berikut beberapa prestasinya:

  • Medali Perunggu 1st Asian Beach Games Tahun 2008 di Bali, Indonesia
  • Medali Perunggu 2nd Asian Beach Games Tahun 2010 di Muscat, Oman
  • Semifinal World Women Kabaddi Visakapatnam Tahun 2012, di India
  • Medali Perak 1st Asian World Woman Circle Style Kabaddi Championship Tahun 2018 di Malaysia
  • Peringkat V Asian Games 2018
  • Medali Perak Kabaddi Beach Thailand Open Tahun 2019
  • Medali Perunggu Chungju World Martial Art Mastership Tahun 2019 di Korea