PP.Pordasi Dapatkan Pendampingan KONI Pusat Dalam Rangka Menggelar FEI JWC 2021

Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP.Pordasi) telah resmi ditetapkan oleh Federation Equestre Internationale (FEI) sebagai tuan rumah FEI Jumping World Challenge (JWC). Rencananya single event kelas dunia tersebut akan digelar di Jakarta pada September mendatang. Kegiatan akan digelar di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), venue olahraga Equestrian pada Asian Games 2018 lalu.

Dalam mempersiapkan FEI JWC 2021, PP.Pordasi meminta pendampingan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat. Pada 11 Januari 2021, Ketua Umum PP.Pordasi Triwatty Marciano didampingi Wakil Ketua III Mayjen TNI (Purn.) Bambang Hartawan, Sekjen Adinda Yuanita, Wakil Ketua Komisi Equestrian Fatchul Anas dan Sekretariat Michelle menghadap kepada Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman.

Di awal pertemuan yang digelar dengan penerapan protokol ketat, Marciano sampaikan selamat kepada PP.Pordasi yang telah menjadi tuan rumah FEI JWC 2021. Ia berharap penyelenggaraannya nanti sukses dan lancar sehingga persiapan perlu dilakukan secara optimal. “Tidak boleh tidak dioptimalkan persiapannya”, tegasnya. Selain itu, ia juga berharap persiapan atlet dilakukan dengan optimal dan KONI Pusat akan memberikan pendampingan.

Ketua Umum KONI Pusat yakin bahwa penyelenggaraan FEI JWC 2021 di Indonesia akan sukses. Keyakinan tersebut karena berkaca pada Asian Games 2018 yang terbilang sukses. Dua pengurus KONI Pusat yang mendampingi Ketua Umum KONI Pusat menerima jajaran pengurus PP.Pordasi merupakan mantan panitia Asian Games 2018 ditambah dengan pengalaman di cabor masing-masing. Kedua pengurus tersebut adalah Sekjen Drs.Tb.Lukman Djajadikusuma dan Bendahara Umum Vivin Cahyani.

Sekjen KONI Pusat yang akrab disapa Ade Lukman ingatkan agar panitia penyelenggara dibagi menjadi tiga, yakni Games Operation, Games Administration dan Games Support. Games Operation meliputi pertandingan seperti pertandingan, venue, dan sistem teknologi. Ade terangkan Games Administration membawahi administrasi dan juga marketing, Merchandising. Terakhir Games Support yang bertugas mendukung dalam hal akomodasi, transportasi hingga hospitality.

Masukan juga diberikan oleh Vivin. Menurutnya, pertemuan antara PP.Pordasi dan Menpora besok tanggal 12 Januari 2021 adalah momen penting. Dukungan pemerintah melalui Kemenpora akan banyak membantu penyelenggaraan FEI JWC 2021.