KONI Pusat Bekerja Sama dengan Poltekkes

Dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga nasional, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menjalin kerja sama dengan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan Jakarta III. Pada hari ini, Rabu 13 Januari 2021, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman dan Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta III Yupi Supartini S.Kp, M.Sc. menandatangani nota kesepahaman kerja sama antara kedua lembaga.

Marciano menyambut baik kerja sama dengan Poltekkes Kemenkes Jakarta III karena akan bermanfaat bagi prestasi olahraga Indonesia, terutama dalam hal memberikan pelayanan kesehatan kepada atlet. Menurutnya kerja sama kali ini merupakan implementasi penerapan sport science yang sesuai dengan Grand Design Keolahragaan Nasional.

Sebagai satu-satunya Poltekkes di Jakarta yang memiliki fasilitas Fisioterapi, Poltekkes Jakarta III akan membantu KONI Pusat dalam penanganan fisioterapi pada cedera dan juga peningkatan kemampuan atlet. Poltekkes Jakarta III juga akan mengirimkan dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan fisioterapi di fasilitas milik KONI Pusat.

Yupi menjelaskan bahwa kehadiran dosen dan mahasiswa di KONI Pusat adalah untuk mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di fasilitas fisioterapi KONI Pusat diharapkan para dosen dapat melakukan penelitian dalam dunia olahraga prestasi. Bersama para mahasiswanya, Poltekkes Jakarta III juga melakukan pengabdian kepada pembinaan prestasi atlet di Tanah Air.

Ke depannya, Marciano berharap civitas akademika Poltekkes Jakarta III dapat berkontribusi dalam kegiatan olahraga sebagai tenaga tambahan. Hal tersebut akan membantu penyelenggaraan sekaligus menambah pengalaman dosen dan mahasiswa Poltekkes Jakarta III. Selain itu, diharapkan juga agar seluruh anggota KONI memiliki tenaga fisioterapi.