Persiapan PON XX Terus Dipantau KONI Pusat

Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX 2021 Mayjen TNI (Purn) Dr.Suwarno menyampaikan bahwa persiapan PON XX terus berjalan. Panwasrah terus berkoordinasi dengan PB.PON XX Papua. Keterangan diutarakan pada Rapat internal pengurus KONI Pusat pagi hari ini.

Menurutnya ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian. Terdapat beberapa venue yang masih belum siap digunakan. Beberapa yang pembangunannya atau perbaikannya belum dilaksanakan antara lain venue cabang olahraga paralayang, gantole, layar, renang perairan terbuka, selam laut, dan rugby. Adapun yang masih dalam progres pembangunan seperti venue dayung, panahan dan sepatu roda.

Masalah lain yang perlu diperhatikan adalah CdM Meeting ke-2 yang masih tertunda karena pandemi. Perlu dijadwalkan pertemuan untuk membahas PON XX mendatang. Berikutnya terkait perlunya finalisasi Technical Handbook PON XX 2021 di Papua sebagai pedoman.

Pengadaan peralatan dan perlengkapan juga sedang berjalan. “Lelang yang diadakan Kemenpora sudah jalan sedangkan PB.PON akan melakukan lelang bulan ini”, kata Suwarno yang juga Wakil I Ketum KONI Pusat. Ia berharap, selambat-lambatnya barang sudah tiba di Papua pada Agustus mendatang.

Isu lain yang mendapat perhatian Panwasrah adalah akomodasi yang ketersediaannya belum memenuhi kebutuhan personel. Selain itu juga jaringan internet menjadi kebutuhan penyelenggaraan PON XX.