Pasca Pertemuan Kapolri dan Menpora, Ketum KONI Pusat Berharap Peluang ini Menjadikan Masyarakat Olahraga Siap jadi Motivator Bangsa

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norma (kanan) saat diwawancarai Tribunnews terkait kegiatan olahraga di masa pandemi Covid-19

Pertemuan antara Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Menpora Zainudin Amali menghasilkan peluang yang besar untuk penyelenggaraan kegiatan olahraga dapat digelar kembali. Oleh karenanya, mewakili masyarakat olahraga di Indonesia Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman sampaikan terima kasih dan apresiasi pada Kapolri dan Menpora.

“Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan serta apresiasi yang tinggi kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Menpora Zainudin Amali yang telah duduk bersama membahas tentang pelaksanaan kegiatan olahraga dimasa pandemi Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” kata Marciano.

Menyambut peluang diizinkannya kembali kegiatan olahraga, organisasi pembina olahraga di bawah naungan KONI Pusat menunggu peraturan pemerintah lebih lanjut. Selain itu, persiapan pelaksanaan kegiatan olahraga di masa pandemi juga sedang dirumuskan.

“KONI Pusat bersama KONI Provinsi dan Induk Cabor akan segera merumuskan persiapan pelaksanaan event olahraga yang mendukung kebijakan pemerintah, dalam hal ini Polri dan Satgas Covid-19”, terang Ketua Umum KONI Pusat.

Salah satu penerapan protokol kesehatan pada kompetisi olahraga berkuda Equestrian yang digelar tanpa penonton

Marciano mengajak masyarakat olahraga prestasi berkomitmen pada protokol kesehatan karena keselamatan bersama adalah prioritas utama. “Komunitas olahraga harus punya komitmen kuat untuk penyelenggaraan kegiatan olahraga yang memprioritaskan keselamatan serta kesehatan para atlet, dan semua pihak yang terlibat serta masyarakat pendukung lainnya.” sambungnya.

Ketua Umum KONI Pusat berharap segera diadakan pertemuan antara semua pemangku kebijakan terkait agar kegiatan olahraga dapat cepat digelar kembali . “Besar harapan saya akan adanya pertemuan lanjutan antara Polri, Kemenpora, Kemenkes, Satgas Covid-19, KONI Pusat serta Cabor,” katanya. Ia juga sampaikan agar kompetisi olahraga kembali digelar pada tingkat pusat maupun daerah.

Di masa pandemi Covid-19, Ketua Umum KONI Pusat mendorong agar masyarakat olahraga dapat menularkan semangat positif di masa sulit. “Masyarakat olahraga harus jadi Motivator Bangsa Indonesia untuk bangkit dan keluar dari ancaman Covid-19,” tutupnya.