Ketum KONI Pusat Melantik dan Mengukuhkan H.Bambang Soesatyo S.E., M.B.A. sebagai Ketum IMI Masa Bakti 2021 – 2024

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman melantik Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP. IMI) masa bakti 2021-2024 Bambang Soesatyo. Pelantikan digelar di Grand Ballroom Hotel Sultan, Jakarta pada 10 Februari 2021.

Pelantikan dihadiri sejumlah tokoh seperti Menpora Zainudin Amali, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Harian PB.PON XX Papua Yunus Wonda. Tokoh otomotif Tinton Suprapto, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, mantan Ketua Umum IMI 1991-1995 Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) dan banyak lainnya yang hadir secara virtual.

Pada prosesi upacara pelantikan, Bamsoet beserta jajarannya mengucapkan janji Prasetya yang disebutkan Ketua Umum KONI Pusat. Setelah mengucapkan janji, Ketua Umum KONI Pusat menyerahkan bendera kepada Ketua Umum PP.IMI. Berikutnya adalah penandatanganan berita acara pelantikan dan penyematan pin KONI.

Pasca upacara pelantikan, Ketua Umum KONI Pusat sampaikan sambutan. Di awal sambutan, Marciano apresiasi penyelenggaraan pelantikan yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, Marciano juga puji olahraga bermotor di Indonesia. “Perkembangan olahraga bermotor di Indonesia sangat luar biasa,” pujinya pada event yang banyak digelar sebelum pandemi. “Oleh karenanya, tata kelola organisasi harus diperhatikan,” katanya memberi amanat.

Ketua Umum KONI Pusat yakin di bawah Bamsoet, organisasi IMI akan berkembang. IMI diharapkan dapat menjalankan organisasi dengan melakukan implementasi tiga tema besar Haornas 2020 yakni Sports Science, Sport Industry dan Sport Tourism.

Marciano harapkan agar kegiatan bermotor dapat bermanfaat pada masyarakat melalui implementasi Sport Tourism. “Mengapa olahraga ini tidak kolaborasi dengan pariwisata sehingga kegiatan olahraga dapat memberi dampak pada masyarakat kita,” tandasnya.

Tak lupa, Marciano berpesan agar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua Tahun ini dapat terselenggara dengan baik. Pertandingan olahraga bermotor direncanakan akan digelar di Kabupaten Merauke. Kepengurusan IMI yang baru dilantik diharapkan mampu berkoordinasi yang baik dengan PB.PON XX.

Menpora Zainudin Amali juga memiliki pandangan yang sama terkait tata kelola organisasi. “Saya setuju dengan Ketua Umum KONI, jika tata kelola organisasi bagus, prestasi akan bagus,” ucapnya. “Organisasi ini sehat, ada pergantian organisasi secara reguler. Belum ada dualisme,” kata Zainudin memuji IMI.

Selain itu, Menpora Zainudin Amali juga melanjutkan pesan Ketua Umum KONI Pusat terkait PON XX. “Mas Bambang setelah ini harus ke Merauke, meninjau lokasi balap motor di PON XX, di Merauke,” pesan Menpora kepada Ketua MPR RI yang baru dilantik menjadi Ketua Umum PP.IMI.