Ketua Umum KONI Pusat Kunjungi Sekretariat KONI Sumut

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman memuji semangat Provinsi Sumatera Utara dalam mempersiapkan menjadi tuan rumah PON XXI 2024 bersama Provinsi Aceh.

“Tadi saya mendengarkan paparan Sumatera Utara dan Aceh. Semangatnya sungguh luar biasa,” puji Marciano, saat mengunjungi Kantor KONI Sumut di Jalan Willem Iskandar Medan, Senin (15/02/2021) sore.

“Terutama presentasi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang didampingi Wakil Gubernur (Musa Rajekshah). Rencana dan persiapan yang sudah mereka lakukan membuat saya sangat gembira,” tambahnya.

Sebelumnya Marciano didampingi Sekjen KONI Pusat Drs. Tb. Ade Lukman Djajadikusuma beserta jajaran pengurus, melakukan rapat koordinasi mengenai persiapan PON XXI 2024 dengan Menpora Zainudin Amali, Pemprov Sumut, Pemprov Aceh, KONI Sumut dan KONI Aceh di Hotel JW Marriott Medan.

“Saya akan memberikan dukungan sepenuhnya, apalagi PON XXI merupakan PON pertama yang berlangsung di dua provinsi. Jadi saya yakin pelaksanaannya nanti akan lebih baik,” kata mantan Kepala BIN dan Pangdam Jaya tersebut.

“Pasti semangatnya luar biasa, Sumatera Utara dan Aceh punya keunggulan masing-masing. Kedua provinsi tentu juga akan mengandalkan kearifan lokal,” tambah Marciano.

Kunjungan Ketum KONI Pusat dan rombongan diterima Ketua Umum KONI Sumut yang baru terpilih kembali, John Ismadi Lubis beserta pengurus demisioner di antaranya Drs Chairul Azmi, Sakiruddin,SE.MM, Kisharyanto Pasaribu, Agung Santoso dan Mesnan.

John Lubis mengatakan, KONI Sumut dan Aceh sudah membentuk Sekretariat Bersama untuk terus berkoordinasi dalam persiapan dan sukses tuan rumah bersama PON XXI Tahun 2024.

“Kita sudah laporkan tentang Sekber, Pak Marciano malah minta supaya KONI Pusat dimasukkan sebagai bagian. Jadi rapat koordinasi secara intensif untuk persiapan akan dilakukan dengan lokasi berpindah di antara Jakarta, Medan dan Banda Aceh,” jelasnya.

Menurut John Lubis, saat ini sudah ada 65 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dengan rincian 33 cabor ada di Aceh dan 32 cabor lagi berlangsung di Sumut.


“Jumlah cabor itu termasuk PABBSI yang kini menjadi tiga cabor, yakni angkat besi, angkat berat dan binaraga,” pungkasnya.