Kompetisi Basket Siap Menyusul Sepak Bola

Rapat di Kemenpora digelar hari ini untuk membahas kompetisi basket. “Dua hal yang dibahas di rapat koordinasi tadi, yang pertama tentang rencana penyelenggaraan acara kompetisi, kedua tentang penerapan protokol kesehatan,” terang Menpora Zainudin Amali kepada jurnalis. Pasca rapat dengan Ketua Umum KONI Pusat, Ketua Umum PP.Perbasi, dan Dirut IBL.

Menpora terangkan konsep kompetisi basket yang sangat menerapkan protokol kesehatan. “Secara prinsip, kegiatan yang dilakukan menggunakan sistem gelembung atau bubble,” katanya. Adapun fase pertama kompetisi digelar di Pelatnas basket Cisarua dan playoff semifinal hingga final rencananya digelar di Mahaka Arena, Jakarta Utara.

Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman tambahkan bahwa PP.Perbasi dan Dirut IBL telah mempersiapkan konsep dengan baik. Marciano berpesan jika kelak mendapatkan kepercayaan dari Satgas Covid-19 dan Kepolisian maka harus dijaga dengan baik. “Saya minta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya kemudian membangun kepercayaan dengan pemangku kepentingan,” pesannya.

Adapun pertandingan di lokasi yang terisolasi dapat tetap disaksikan penggemar basket melalui live streaming. “Penggemar basket Indonesia dalam waktu dekat akan bisa kembali dan Insya Allah basket ini menjadi penyemangat Bangsa Indonesia,” ujar Marciano.