Wapres RI Berharap Atlet yang Divaksin akan Torehkan Prestasi Gemilang

Pada tanggal 26 Februari 2021, Istora Senayan di dalam komplek GBK menjadi tempat vaksinasi tahap pertama untuk atlet, pelatih dan ofisial Indonesia. Mereka yang diprioritaskan Kemenpora dan Kemenkes untuk divaksin hari ini adalah yang akan mengikuti kompetisi tahun ini, sebut saja kompetisi sepak bola, Olimpiade, SEA Games 2021 dan sebagainya.

Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin turut dalam vaksinasi pertama untuk masyarakat olahraga prestasi Indonesia. Hadir juga Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari.

Melalui vaksin, pemerintah berharap Bangsa Indonesia dapat melawan Covid-19 dengan mencapai herd immunity. “Pemerintah upayakan percepatan vaksinasi untuk peroleh herd immunity, tapi dilakukan bertahap”, ujar Ma’ruf Amin kepada peserta vaksinasi.

Dengan tercapainya Herd Immunity atau kekebalan kelompok, maka diharapkan sebagian besar masyarakat memiliki kekebalan terhadap Covid-19. Banyaknya orang yang kebal akan membuat penularan Covid-19 terhenti.

Wapres meyakinkan peserta vaksin agar optimis mencapai Herd Immunity. “Saya sudah di vaksin, alhamdulillah sehat,” kata Ma’ruf sambil menambahkan bahwa vaksin yang diberikan pemerintah sudah melalui uji klinis, masuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan dinyatakan halal oleh MUI.

“Atlet yang prioritas, terutama mereka yang akan ikuti event, domestik maupun global,” jelas Wapres akan pentingnya peran patriot olahraga. Ma’ruf juga menyinggung event olahraga perlu berjalan untuk kebutuhan prestasi atlet dan juga finansial.

Pada sambutannya, ia berpesan kepada peserta vaksin agar berusaha mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. “Bendera Indonesia dikibarkan hanya dua hal, yang pertama jika pimpinan negara hadir dan kedua jika atlet berhasil juara satu event,” jelas Wapres berharap pembinaan olahraga prestasi berujung pada prestasi gemilang yang membanggakan.