Keluarga Pahlawan Nasional Berkunjung ke KONI Pusatt

Kolaborasi seluruh anak bangsa dibutuhkan untuk membawa Indonesia maju dalam berbagai bidang termasuk olahraga. “Kita harus bersatu, bekerja sama untuk Indonesia. Dengan saling memperkuat, Kita Insya Allah bisa membawa Indonesia sesuai cita-cita para Pahlawan Nasional,” jelas Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman ketika menyambut perwakilan Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia (IKPNI).

Dua pengurus IKPNI, yakni BRA Koosmariam Djatikusumo dan Daryono Soendaryo P. Tirto Adhi Soerjo berkunjung ke kantor KONI Pusat di Senayan, Jakarta pada tanggal 5 Maret 2021. Keduanya juga didampingi mitra kerja IKPNI yang biasa mendukung perayaan Hari Pahlawan Nasional. Selaku keturunan pahlawan nasional, pengurus IKPNI tergerak untuk turut mendukung olahraga prestasi nasional, khususnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

“Mereka (Masyarakat Papua) bangga dengan PON XX di Papua,” ujar Koosmariam setelah mendapatkan kabar dari keturunan pahlawan nasional dari Papua. “Kita tidak hanya melestarikan semangat pahlawan tapi juga menyumbangkan ide dan gagasan,” sambung putri Kepala Staf Angkatan Darat pertama di Indonesia.

Ketua Umum KONI Pusat mengapresiasi niat baik keturunan pahlawan nasional untuk olahraga Indonesia. Ia juga menyinggung bahwa KONI yang lahir sebelum Indonesia merdeka berkontribusi selama perjuangan Bangsa Indonesia melawan kolonialisme.

Marciano jelaskan bahwa saat itu, para Founding Fathers menjadikan kegiatan olahraga tingkat nasional untuk menunjukkan eksistensi Negara Bangsa Indonesia yang merupakan kesatuan beragam daerah di Nusantara.

Di akhir pertemuan, Marciano mengajak seluruh pihak melanjutkan cita-cita para pahlawan. “Mari kita lanjutkan perjuangan pahlawan nasional,” katanya. KONI Pusat dan IKPNI juga berencana menggelar pertemuan yang bertujuan mencari serta mendukung sosok dari olahraga prestasi Indonesia yang patut menjadi pahlawan nasional dari bidang olahraga.