Ketum KONI Pusat Marciano Berharap Masa Depan Timnas Sepak Bola Putri Cerah

Dalam rangka memperingati hari perempuan internasional yang diperingati setiap 8 Maret, PSSI meluncurkan Timnas Sepak Bola Putri Indonesia. Ketua Umum PSSI Komjen Pol. (Purn.) Dr. Drs. H. Mochamad Iriawan sampaikan bahwa pembinaan olahraga tetap perlu dilakukan walau pandemi Covid-19 masih belum usai. Namun protokol kesehatan yang ketat menjadi syarat yang tak boleh dikesampingkan.

“Hari ini Launching tim sepak bola putri,” kata Iwan Bule. Ia jelaskan bahwa tim putri juga akan dilatih Shin Tae-yong. “Kamu harus bermain yang baik, kandaskan Vietnam di negaranya, ” pesan Iwan Bule kepada para atlet.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman menyambut baik serta mengucapkan selamat hari perempuan internasional. Dalam sambutannya, ia yakin masa depan cerah sepak bola putri di Indonesia.

Kesebelasan ini adalah kesebelasan yang mempunyai masa depan yang sangat cerah,” katanya di Lapangan D komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

Selaku Ketua Umum KONI Pusat, Marciano ingin agar keadilan gender segera terwujud, khususnya pada olahraga prestasi Indonesia. “Kita lihat sekarang pemain sepak bola wanita di dunia sudah seperti pemain laki-laki, mendapat penghargaan luar biasa,” ujarnya.

Marciano pesan agar anak-anak bertalenta mendapatkan perhatian, baik di dalam maupun di luar negeri.

Menpora Zainudin Amali memberikan pujian kepada PSSI yang menggelar peluncuran Timnas di hari penting untuk perempuan seluruh dunia. “Apresiasi kepada Ketum PSSI, bukan hanya bicara tapi langsung implementasi kesetaraan gender,” pujinya.

Selain itu, Menpora singgung pentingnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua untuk sepak bola putri. Pasalnya sepak bola putri akan dipertandingkan di PON mendatang dan bertujuan untuk mempersiapkan atlet hadapi SEA Games 2021 di Vietnam. “Di PON yang akan datang akan dipertandingkan (sepak bola putri) sekaligus persiapan di SEA Games nanti,” katanya.

Zainudin Amali juga mengajak semangat untuk ‘Tetaplah bermain sepak bola,’.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga memberikan apresiasi kegiatan hari ini. “Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya diundang di hari yang spesial,” katanya. Baginya mencari hari perempuan internasional untuk Launching Timnas adalah ide hebat.

“Saya ucapkan selamat hari perempuan di Indonesia, khususnya atlet perempuan Indonesia,” ucapnya. Menteri PPPA berharap kesenjangan antara perempuan dan laki-laki segera berkurang.