Ketum KONI Pusat Apresiasi Keputusan Presiden Tentang PON XX 2021 di Papua

Ketua Umum KONI Pusat bersama Duta PON Raffi Ahmad

Presiden Joko Widodo telah memutuskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua diselenggarakan sesuai jadwal. Keputusan tersebut ditetapkan pada Rapat Terbatas (Ratas) kabinet di Istana Negara pada Selasa 16 Maret 2021. Dengan begitu, PON XX 2021 di Papua akan digelar pada tanggal 2 – 15 Oktober 2021.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman menghormati dan mengapresiasi keputusan Presiden. “Kami mengapresiasi dan hormat setinggi-tingginya atas keputusan pemerintah yang tetap akan menggelar PON XX Papua pada 2-15 Oktober 2021,” katanya pada 17 Maret 2021 di kantor KONI Pusat.

Marciano sampaikan bahwa keputusan Presiden Jokowi berpihak pada masyarakat olahraga prestasi Tanah Air. “Ini kabar yang sangat menggembirakan bagi masyarakat olahraga, termasuk KONI Pusat,” jelasnya saat menerima Ketua Umum Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa.

Adapun jika PON XX ditunda kembali maka akan banyak tantangan yang akan dihadapi. Pertama, atlet yang sudah mempersiapkan diri untuk tahun ini akan melakukan penyesuaian sesuai penyelenggaraan PON yang ditunda. Kedua, anggaran penyelenggaraan tahun depan akan menjadi pertanyaan. Ketiga, jika ditunda karena Pandemi Covid-19, belum ada kepastian kapan Covid-19 ini berakhir.

Dengan begitu, keputusan Presiden Jokowi untuk menggelar PON XX tetap sesuai rencana merupakan keputusan terbaik. Marciano berharap keputusan Presiden diikuti 34 KONI Provinsi sehingga melakukan persiapan atlet sebaik-baiknya. “KONI Pusat berharap semua provinsi kini menyiapkan atlet secara lebih baik lagi, agar pada PON XX Papua menuai hasil dengan mengukir prestasi terbaik,” harap Marciano.

Protokol kesehatan menjadi perhatian Ketum KONI Pusat untuk penyelenggaraan PON XX di Papua. “Tentu tetap harus melaksanakan protap untuk menjalankan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Sebaiknya semua atlet yang bertanding di PON XX Papua harus divaksin terlebih dulu,” terang Ketum KONI Pusat.

Pada PON XX 2021 di Papua nanti diharapkan menghasilkan prestasi atlet Indonesia. “Semoga PON XX Papua akan melahirkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk Indonesia,” jelasnya.