Selamat Jalan Patriot Olahraga Riau Emrizal Pakis, Ketum KONI Riau

Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang akan digelar tahun ini, masyarakat olahraga prestasi Provinsi Riau menghadapi duka mendalam. Di tengah persiapan hadapi PON XX, masyarakat olahraga prestasi Riau kehilangan seorang sosok penting, yakni Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, H.Emrizal Pakis.

Informasi wafatnya H.Emrizal Pakis disampaikan oleh Sekum KONI Riau, Deni Ermanto. Ketum KONI Riau menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu tanggal 24 April 2021 pukul 9:00 WIB di RS.Awal Bros Pekanbaru. Menurut pengurus KONI Riau, Emrizal Pakis sudah lebih dari seminggu dirawat karena Covid-19. Humas KONI Riau, Raja Edi Zulfikar Junaidi sampaikan kemungkinan jenazah Almarhum akan dimakamkan di pemakaman Covid-19 di Palas.

Kepergiannya tak hanya menjadi duka masyarakat olahraga prestasi Riau, namun juga seluruh Indonesia. Keluarga besar KONI Pusat sebagai induk organisasi yang dipimpin Almarhum Emrizal juga turut berduka.

“Saya beserta keluarga besar KONI Pusat, turut berduka cita atas wafatnya Bapak H.Emrizal Pakis, Ketum KONI Riau,” ucap Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman. “Semoga Almarhum mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT, keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan, dan masyarakat olahraga prestasi di Riau diberikan kekuatan, Amin YRA.,” doa Ketum KONI Pusat.

“Selamat jalan Patriot Olahraga, jasamu akan selalu kami kenang,” tutup Marciano.

Marciano mengenang sosok Emrizal Pakis sebagai pembina prestasi yang berjasa, terutama untuk Riau. Kinerja Emrizal dan jajarannya mendapat apresiasi Ketum KONI Pusat, tentunya karena prestasi yang baik.

Pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Tahun 2019 di Bengkulu, Riau keluar sebagai juaranya dengan torehan 35 emas, 23 perak dan 37 perunggu. Kala itu, Marciano sempat berkunjung melihat beberapa pertandingan.

Selain berprestasi, Marciano juga memuji perhatian Almarhum kepada atlet. “Almarhum adalah sosok yang dekat dengan atlet, Pak Emrizal sangat peduli kepada atlet Riau,” kenang Marciano. Tahun lalu, tepatnya pada 14 Februari 2020, Emrizal sempat mengajak Marciano menjenguk atlet Lempar Cakram, Reni Aryani yang kehilangan kakinya akibat kecelakaan motor. Ketum KONI Pusat bangga atas upaya yang dilakukan Emrizal sebagai Ketum KONI Riau untuk membantu atletnya.