Ketum KONI Pusat Lantik Cabor Modern Pentathlon Indonesia

Pengurus Pusat Modern Pentathlon Indonesia (PP.MPI) masa bakti 2019-2023 dilantik di Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat yang terletak di Senayan, Jakarta. Pelantikan yang memperhatikan penerapan protokol kesehatan tersebut dilakukan pada tanggal 6 Mei 2021. PP.MPI sendiri baru menjadi anggota KONI Pusat pasca ditetapkan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Tahun 2020.

“Modern Pentathlon Indonesia adalah salah satu cabang olahraga terbaru KONI Pusat berdasarkan Rakernas KONI Pusat, semua anggota sepakat menerima,” kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman. “Kami melihat Modern Pentathlon  ini salah satu olahraga tertua dan ini adalah olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade,” katanya.

“Sebagai apresiasi induk cabang olahraga kepada Modern Pentathlon Indonesia karena telah berjuang pada Asian Games 2018 dan juara SEA Games 2019, ini merupakan prestasi yang tidak boleh diabaikan,” sambung Ketua Umum KONI Pusat.

Ketua Umum PP.MPI, Anthony Charles Sunarjo sampaikan terima kasih di awal sambutannya pasca dilantik. “Terima kasih kepada Ketua Umum KONI Pusat, jajaran pengurus dan anggota KONI Pusat yang telah menerima Modern Pentathlon Indonesia sebagai anggota,” katanya.

Cabang Olahraga Modern Pentathlon telah mengharumkan nama Indonesia. Modern Pentathlon sendiri lahir pada 13 Februari 2015 namun di usia yang masih muda sudah berhasil mencuri perhatian karena prestasi.

Kala tampil di Asian Games 2018, MPI langsung mencuri perhatian. “Ini pertama kali Modern Pentathlon diselenggarakan di satu area, yakni di Adria Pratama Mulya (APM),” terang Anthony sambil berterima kasih kepada Ketua Umum KONI Pusat selaku pemilik APM. Federasi internasionalnya, Union Internationale de Pentathlon Moderne (UIPM) pun memberikan penghargaan The Best New Organizer Modern Pentathlon in Sport Multi Event.

Satu tahun berselang, tepatnya pada SEA Games 2019 di Filipina, cabor ini meraih 4 emas dan 2 perunggu. Torehan tersebut menempatkan Indonesia sebagai kontingen terbaik pada Modern Pentathlon pada kompetisi tersebut.

Atas pencapaian tersebut, Ketua Umum KONI Pusat bangga karena prestasinya yang semakin baik. “Kontingen Indonesia menjadi yang terbaik pada Cabor Modern Pentathlon. Saya mengucapkan selamat dan sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu yang telah mendedikasikan diri untuk prestasi gemilang tersebut,” katanya pasca melantik PP.MPI.

Selain itu, Marciano yakin Modern Pentathlon yang juga merupakan cabor ekshibisi PON XX 2021 dapat menjadi cabor andalan. “Apabila olahraga dapat dibina dengan baik akan menjadi salah satu andalan pada Olimpiade yang akan datang,” katanya. Marciano juga berharap sosialisasi tentang olahraga Modern Pentathlon dapat digencarkan agar banyak orang yang meminatinya.

“Semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertantang untuk menjadi Atlet Modern Pentathlon, dari banyaknya yang kita pilih di seluruh Indonesia kita akan mendapatkan atlet yang unggulan,” harapnya. Menurutnya, potensi Modern Pentathlon besar jika menggandeng fasilitas yang dimiliki TNI dan Kepolisian.

Tentang Modern Pentathlon

Sebagaimana namanya, Pentathlon atau disebut Pancalomba merupakan rangkaian dari beberapa olahraga. Beberapa olahraga yang tergabung menjadi rangkaian dalam Pentathlon antara lain adalah lari, renang, anggar, menembak dan berkuda. Modern Pentathlon pertama kali diperkenalkan pada Olimpiade di Stockholm, Swedia pada 1912.

Pentathlon pertama kali diperkenalkan pada tahun 708 sebelum Masehi. Kala itu Pentathlon adalah gabungan lari sepanjang stadion, lompat, melempar tombak, melempar cakram dan gulat. Adalah Baron Pierre de Coubertin yang berupaya memperkenalkan Pentathlon dalam Olimpiade Tahun 1912 di Swedia.