KONI Pusat – Garuda Indonesia Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama sebagai Official Airline Patriot Olahraga

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, wadah induk olahraga prestasi di Indonesia menggandeng maskapai penerbangan kebanggaan masyarakat Indonesia, yakni PT.Garuda Indonesia (Persero) Tbk sebagai Official Airline. Kerja sama antara dua lembaga yang menyandang nama Indonesia diawali dengan Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada 7 Mei 2021 di Hanggar 2 GMF AeroAsia, Cengkareng. Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menandatangani Nota Kesepahaman yang saling menguntungkan.

Manfaat dari kerja sama KONI Pusat dan Garuda Indonesia ditujukan untuk pembinaan olahraga prestasi Indonesia. Tak hanya KONI Pusat, seluruh anggota KONI Pusat baik 34 KONI Provinsi dan 71 Induk Cabang Olahraga akan mendapatkan manfaat. Seluruh pengurus organisasi anggota KONI beserta atlet, kontingen, dan ofisial kini dapat bertanding merebut prestasi yang membanggakan Indonesia dengan dukungan Garuda Indonesia.

Kerja sama kali ini memberikan manfaat untuk KONI Pusat dan anggotanya. Pertama menjadi Official Airline, yang mana menjadi sebuah kebanggaan terbang bersama maskapai milik Rakyat Indonesia dalam rangka berusaha meraih prestasi olahraga untuk dipersembahkan kepada Bangsa Indonesia.

Kedua, Garuda Indonesia memberikan manfaat Corporate Privilege yang mana memberikan penawaran khusus untuk rute internasional dan domestik untuk semua kegiatan olahraga KONI Pusat dan organisasi anggotanya. Mengingat adanya multi event kebanggaan Indonesia pada tahun ini, Garuda Indonesia memberikan manfaat dalam rangka turut menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang digelar di Papua. Garuda Indonesia memberikan potongan khusus hingga 15%. Selain itu, Garuda Indonesia menyediakan dedicated counter check-in untuk mempermudah aksesibilitas proses pre-flight kontingen yang berangkat.

Bagi peraih medali emas Olimpiade, seperti Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir mendapatkan manfaat tambahan. Garuda Indonesia memberikan penghargaan khusus dengan peningkatan kelas menjadi bisnis jika berpergian menggunakan Garuda Indonesia.

Irfan Setiaputra menyampaikan bahwa manfaat yang diberikan Garuda Indonesia merupakan komitmen dalam rangka mendukung peningkatan competitiveness Indonesia. “Kiranya kerja sama ini dapat memperkuat ekosistem olahraga nasional yang lebih berdaya saing dan kompetitif, salah satunya melalui penyediaan aksesibilitas penerbangan sehat, aman dan nyaman bagi atlet nasional yang akan berkompetisi di kancah global maupun nasional,” terangnya. Ia juga pastikan Garuda Indonesia menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Umum KONI Pusat beserta jajarannya & Duta KONI, Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Ketua Umum KONI Banten dan Direktur Utama Garuda Indonesia

Dengan adanya dukungan dari Garuda Indonesia, Ketua Umum KONI Pusat menyampaikan apresiasi tinggi. “Sebagai induk semua organisasi pembinaan olahraga prestasi di Indonesia, KONI Pusat menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk PT.Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Dukungan yang diberikan Garuda Indonesia melalui kerja sama hari ini sangat mendukung olahraga prestasi Indonesia. Garuda Indonesia menjadi bagian penting dalam upaya mengharumkan nama Bangsa dan Negara Indonesia melalui olahraga prestasi,” kata Marciano Norman.

Marciano yang mengusung visi KONI Mandiri meyakini bahwa pembinaan olahraga dapat semakin baik dengan adanya persatuan dan kolaborasi antar anak bangsa. “Bicara olahraga, bicara Merah Putih. Di masa damai seperti saat ini, harga diri Bangsa dapat terangkat dengan prestasi yang diraih atlet-atlet kita. Selain kunjungan kenegaraan, bendera Merah Putih dapat berkibar dengan diiringi Lagu Indonesia Raya di luar negeri karena prestasi yang ditorehkan para Atlet. Dalam upaya mengantar atlet meraih prestasi, kita semua perlu bersatu padu mendukung pembinaan olahraga. Garuda Indonesa menjadi salah satunya. Saya berharap semakin banyak kerja sama dari BUMN, Swasta dan lainnya untuk pembinaan olahraga Indonesia,” katanya menyampaikan harapan.

Duta KONI (Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir) turut hadir menerima Garudamiles