Jadwal PON XX Tahun 2021 di Papua Dipastikan Tetap Meski Wagub Papua Wafat

Tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 yakni Provinsi Papua tengah berduka karena ditinggal sosok sentral. Sekitar pukul 04:00 WIB, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, S.E., M.M. menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat. Ia meninggal pada 21 Mei 2021 atau sekitar 134 hari sebelum PON XX dimulai.

Dikabarkan, Almarhum meninggal karena serangan jantung. Anak pertama Klemen yakni Lidia menyampaikan bahwa pada pukul 01:00 WIB kondisi ayahnya masih baik dan baru pada pukul 03:30 WIB tiba-tiba Klemen merasa nyeri di dada yang hebat.

“Kami tahu sepertinya ini serangan jantung, kita langsung bawa ke IGD RS Waluyo.” kata Lidia setelah mendiang Klemen dipindahkan ke Rumah Duka Sentosa Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Subroto (RSPAD).

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman sampaikan rasa duka mendalam. “Saya beserta keluarga besar KONI Pusat turut berduka cita atas wafatnya Bapak Klemen Tinal. Semoga Almarhum tenang dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan,” katanya mengenang Pria yang dilantik Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 bersama Gubernur Lukas Enembe.

Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX Mayjen TNI (Purn.) Dr.Suwarno juga sampaikan duka mendalam. “Selaku Ketua Panwasrah dan seluruh jajaran, kami sampaikan rasa duka cita mendalam karena wafatnya Bapak Wagub Papua. Semoga mereka yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan,” jelasnya.

Kehilangan yang dirasakan masyarakat Papua berdampak pada ditundanya kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) I Bidang I Sub PB.PON Kota Jayapura yang awalnya digelar pada tanggal 23 – 29 Mei 2021 menjadi tanggal 29 Mei sampai dengan 4 Juni 2021.

Di luar tertundanya sebuah Rakornis, Suwarno menegaskan bahwa PON XX Tahun 2021 di Papua akan tetap sesuai rencana dan kegiatan persiapan akan tetap berjalan.