Windy Cantika Aisah Raih Emas pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi

Sebanyak sembilan Lifter Indonesia bertanding pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior yang digelar di Ibu Kota Uzbekistan, Tashkent sejak tanggal 21 Mei hingga 31 Mei mendatang.

Di sana, kontingen Indonesia berhasil mengukir prestasi yang membanggakan bangsa dan negara. Adalah Lifter putri Windy Cantika Aisah yang berhasil meraih medali emas pada 23 Mei 2021 malam WIB.

“Lifter putri Windy Cantika Aisah berhasil menjadi Juara Dunia angkat besi junior 2021 dengan meraih 3 medali emas serta memperbaiki poin untuk kualifikasi Olimpiade,” terang Hadi Wihardja, Binpres Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB.PABSI). Capaian tersebut semakin memantapkan Windy pada 8 besar dunia yang berhak berlaga di Olimpiade Tokyo tahun ini.

Windy yang turun di kelas 49 kg berhasil menjadi yang terbaik dengan total angkatan 191 kg. Pada Snatch mudah saja melakukan angkatan seberat 82 kg, angkatan berikutnya bahkan mampu catatkan beban lebih berat yakni 86 kg. Windy gagal pada angkatan ketiga seberat 88 kg

Berikutnya Clean and Jerk, dibukukan pada angkatan kedua yakni 105 kg setelah sebelumnya berhasil mengangkat 100 kg dan gagal pada angkatan ketiga dengan berat 107 kg.

Dengan total angkatan 191 kg, Lifter yang akan menginjak usia 19 tahun pada Juni mendatang memimpin di kelas 49 kg. Ia diikuti Lifter asal Rumania Mihela Valentina Cambei dengan total angkatan 185kg (Snatch 86kg dan Clean and Jerk 99kg) sebagai juara kedua dan Lifter asal Kolombia Andrea Berrio Zuluaga dengan total angkatan 177kg (Snatch 76kg dan Clean and Jerk 101kg) sebagai juara ketiga.

Atas prestasi yang membanggakan tersebut Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman bangga dan sampaikan apresiasi. “Saya mengucapkan selamat kepada Windy Cantika karena telah meraih prestasi yang membanggakan Indonesia. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Windy, jajaran pelatih, pengurus PB.PABSI dan pihak lainnya karena telah bekerja keras,” katanya dengan penuh kebanggaan.

Hadi jelaskan masih ada 6 Lifter yang akan bertanding hingga Rabu mendatang. Marciano pun memberikan semangat kepada Lifter lainnya yang bertanding di Kejuaraan Dunia kali ini dan berharap ada efek domino dari prestasi yang ditorehkan Windy. “Kepada Lifter yang akan bertanding, yakinlah kalian dapat melakukan yang terbaik. Saya yakin Indonesia memiliki para Lifter terbaik di dunia yang ada pada diri kalian,” ujarnya.