Upaya Selesaikan Masalah Dilakukan untuk Klaster Kota Jayapura

Walikota Jayapura, Benhur Tommy sempat mengatakan untuk menolak penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di wilayahnya. “Makanya saya ambil keputusan tegas seperti ini, biar Kota Jayapura tidak menjadi tuan rumah, kami serahkan semuanya kepada PB PON. Supaya saya jangan disoroti oleh Mendagri dan Presiden Joko Widodo,” katanya di Jayapura pada Senin 24 Mei 2021.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman menjelaskan persoalan tersebut di iNews Tower pada 25 Mei 2021. “Pada saat berkunjung saya sudah berbicara dengan wali kota pada saat itu, ada masalah-masalah administrasi yang harus segera diselesaikan,” jelasnya sambil menerangkan sudah meminta Ketua PB.PON dan Ketua Harian PB.PON untuk segera menyelesaikan.

Bidang I PB.PON XX pun berkunjung ke kantor Walikota Jayapura pada 25 Mei 2021. Ketua Bidang I PB.PON XX menjelaskan bahwa Walikota menyambut baik kedatangan tersebut. Ia juga dikabarkan merespons baik agenda PB.PON XX. “Merespons baik agenda venue exercise yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 6 Juni 2021 mendatang. Bapak Walikota tidak akan mengganggu proses yang sudah berjalan di PB.PON,” jelas Ketua Bidang I Yusuf Yambe.

Benhur Tommy sampaikan harapannya agar anggaran untuk Sub PB.PON XX Kota Jayapura dapat segera terealisasi.