KONI Pusat Dukung FIBA Asia Sukses Penyelenggaraan dan Prestasi

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman menyambut baik rencana kompetisi bergengsi bola basket bertajuk “FIBA Asia Cup Indonesia 2021” yang akan digelar di Jakarta pada tanggal 17 – 29 Agustus 2021. Kegiatan olahraga antar negara pertama di Indonesia pasca Pandemi Covid-19 menerjang tersebut akan digelar di Istora Senayan, Jakarta.

“KONI Pusat menyambut baik FIBA Asia Cup Indonesia 2021 yang digelar di Jakarta. Ini adalah kebanggaan untuk Indonesia, tentunya harus berhasil” katanya saat menerima kunjungan dari Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP.Perbasi) pada 10 Juni 2021.

Marciano berharap kompetisi bola basket bergengsi tersebut bisa sukses dan KONI Pusat siap memberikan dukungan. “Penyelenggaraan FIBA Asia Cup Indonesia 2021 harus sukses secara penyelenggaraan dan juga sukses secara prestasi,” tegasnya di Kantor KONI Pusat Senayan.

“Mari kita bahu-membahu bekerja untuk sukseskan kegiatan ini, baik panitia, PP.Perbasi, KONI, Kementerian terkait, Gubernur, Sponsor, komunitas dan lainnya, karena ketika kita menjadi tuan rumah, nama baik Bangsa dan Negara Indonesia yang dipertaruhkan,” harapnya agar semua kontingen mendapatkan kesan baik FIBA Asia Cup Indonesia 2021. Hal tersebut diharapkan akan mendongkrak potensi Sport Tourism Indonesia dan menjadi momentum kebangkitan olahraga di masa pandemi.

Tak lupa Marciano tekankan agar penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan ketat dan disiplin agar kompetisi tak menjadi klaster penyebaran Covid-19. Keberhasilan setiap kompetisi dengan protokol kesehatan ketat akan menjadi bukti bahwa olahraga dan pariwisata dapat kembali digelar.

Selain menjadi itu, Indonesia juga harus meraih prestasi di kandang sendiri menurut Marciano. “Tak cukup sukses dalam penyelenggaraan, Bendera Merah Putih juga harus dikibarkan dengan diiringi Lagu Indonesia Raya karena prestasi atlet-atlet basket Indonesia,” tambahnya berharap Indonesia menjadi yang terbaik di antara 16 tim terbaik Asia dan Oseania.

KONI Pusat siap mendukung agar penyelenggaraan kompetisi tingkat Asia tersebut sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. “Alhamdulillah mendapat dukungan penuh dan support luar biasa khususnya di Asia Cup kepada Timnas kita untuk dapat meraih point di qualifiers Manila minggu depan, agar masuk 8 besar Asia, yang menjadi syarat masuk dalam kejuaraan dunia FIBA World Cup 2023 mendatang,” terang Sekjen PP.Perbasi Nirmala pasca melaporkan perkembangan FIBA Cup Indonesia 2021.