PON XX Siap Dilaksanakan Sesuai Rencana

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman tegaskan bahwa perhelatan akbar olahraga nasional, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua siap diselenggarakan dan tetap sesuai rencana yakni tanggal 2 – 15 Oktober 2021. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Marciano pada tanggal 10 Juni 2021 di Studio Istana RI.

Awal Juni ini, Marciano meninjau ke Papua dan sudah berkoordinasi dengan penyelenggara, baik tingkat Pengurus Besar (PB.) PON dan sub klaster. “Persiapan venue di Papua secara umum sudah baik, dan exercise venue atau uji kelayakan venue juga sudah dilakukan. Saat ini yang diperlukan pada beberapa venue adalah peralatan olahraga dan perlengkapan sarana,” tandasnya.

Adapun hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah jaringan komunikasi yang belum membaik di Jayapura akibat putusnya kabel bawah laut Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) di Biak – Jayapura pada 30 April 2021. Padahal siaran pertandingan sangat penting terlebih di masa pandemi Covid-19 yang mana menonton secara faktual dapat menambah risiko terpapar virus.

Marciano juga sampaikan bahwa PON XX adalah momentum kebangkitan Bangsa Indonesia dimasa Pandemi Covid-19. “Olahraga dapat diselenggarakan di masa Pandemi Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Terlebih seluruh peserta PON XX harus sudah divaksinasi sebelum berangkat ke Papua. PON XX nanti tidak hanya menjadi momen pemersatu Bangsa Indonesia, namun juga merupakan momentum kebangkitan Bangsa Indonesia di masa pandemi Covid-19,” katanya. Ketua Umum KONI Pusat berharap PON XX menjadi bukti kepada masyarakat luas bahwa dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kita dapat tetap produktif.

Seluruh kontingen dari 33 Provinsi juga siap datang ke Papua. Sebagian besar KONI Provinsi bahkan sudah melakukan vaksinasi kepada atlet, pelatih dan ofisial yang akan berangkat ke Papua.

PON XX mendatang diharapkan tak hanya sukses penyelenggaraannya namun juga sukses prestasi. “Saya berharap pada PON XX di Papua akan banyak para atlet yang memecahkan rekor nasional. PON XX kali ini juga harus sukses prestasi di samping sukses secara penyelenggaraannya,” harap Marciano.

Atlet-atlet yang dapat memberikan penampilan terbaik diharapkan akan menjadi Patriot Olahraga Indonesia yang berjuang di tingkat lebih tinggi.

Pada pertemuan tersbut, hadir juga Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko dan Duta PON XX Boaz Solossa.