Ketum KONI Pusat Melepas Kontingen Panahan ke Perancis

Para Patriot Olahraga Indonesia dari Cabor Panahan akan berangkat ke Perancis pada 15 Juni 2021 guna mengikuti kompetisi Kejuaraan Hyundai Archery World Cup 2021. Kompetisi yang merupakan turnamen kualifikasi final tersebut digelar di Paris, Perancis pada tanggal 18 – 27 Juni 2021.

Harapannya, ada tambahan tiket Olimpiade setelah yang diamankan Riau Ega Agata dan Diananda Choirunisa. Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) targetkan tambahan tiket yang tersisa pada nomor recurve beregu putra dan putri.

Pada Hari Senin, 14 Juni 2021, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman turut hadir ke arena Pelatnas Panahan di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga hadir dalam kegiatan pelepasan kontingen ke Perancis.

“Cabor Panahan tercatat pernah mengharumkan nama Indonesia melalui prestasi pada Olimpiade 1988 di Seoul, Korea. Ketika itu, Lilies Handayani, Nurfitriana dan Kusuma Wardhani meraih medali Perak. Saya berharap Cabor Panahan dapat membuat tradisi pada Olimpiade,” kata Marciano.

Ketua Umum KONI Pusat berharap para atlet yang berangkat berhasil mengamankan tiket Olimpiade Tokyo. Dua dari tiga Sri Kandi Indonesia pada Olimpiade 1988 yakni Lilies dan Nurfitriana saat ini menjadi pelatih Timnas Panahan ke Perancis. Harapannya, para atlet dapat mengulang kesuksesan Panahan pada tahun 1988, dimulai dari kualifikasi di Perancis.

“Kehadiran Lilies dan Nurfitriana sebagai pelatih yang mendampingi ke Perancis diharapkan memberikan tambahan motivasi kepada atlet-atlet,” tambah Marciano.

Adapun Indonesia mengirimkan 12 orang ke Perancis yang terdiri dari 3 atlet putra (Riau Ega Agata Salsabilla, Arif Dwi Pangestu, Alviyanto Bagas Prastyadi), 3 atlet putri (Diananda Chroirunisa, Titik Kusumawardani, Rezza Octavia), 3 pelatih (Lilies Handayani, Permadi Sandra Wibowo, Nurfitriana ), 2 ofisial (Infithar Fajar Putra dan Leon Assangga Irfan) dan 1 orang Masseur (Lutfi Heriyansyah).

Kontingen akan tiba di Paris pada tanggal 17 Juni. Pada tanggal 19 Juni akan digelar Men’s Team Qualification, Elimination dan final untuk recurve di Charléty Stadium, Paris. Satu hari setelah itu, yakni tanggal 20 Juni giliran tim putri yang bertanding. Terakhir pada tanggal 21 Juni adalah eliminasi dan final untuk Individual recurve.