KONI Seluruh Indonesia Sepakat akan Kampanyekan PON XX di Papua

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan digelar kurang 3 bulan lagi dan upaya menggemakan perhelatan akbar olahraga tersebut terus dilakukan. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengajak seluruh KONI Provinsi melakukan publikasi positif terkait PON XX Tahun 2021. Seluruh masyarakat olahraga prestasi perlu bersatu padu membuat PON XX sukses karena PON adalah milik Bangsa Indonesia.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman mengajak seluruh pihak terlibat terutama dalam hal publikasi positif terkait PON XX. Pasalnya, PON XX diharapkan menjadi momentum kebangkitan Bangsa Indonesia dari Covid-19. Adanya multievent akbar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat serta seluruh pesertanya telah divaksin akan menjadi bukti bahwa kita mampu produktif meski pandemi Covid-19 belum usai.

Alhasil, publikasi terkait PON XX perlu muncul sejak persiapan guna mengundang atensi masyarakat luas. “Gema Pekan Olahraga Nasional XX Papua ini harus didengar di seluruh Indonesia agar masyarakat dapat mengikuti apa yang telah dilakukan atlet daerah mereka,” kata Marciano dalam sambutannya pada rapat virtual KONI seluruh Indonesia Kamis 8 Juli 2021.

Semangat peserta olahraga prestasi yang tengah mempersiapkan PON XX dapat menularkan energi positif kepada masyarakat luas. Ketua Umum KONI Pusat ingin para atlet Indonesia menjadi idola masyarakat luas. Adapun program Torang Show yang digagas PB.PON XX mewadahi hal tersebut dengan menjadikan atlet dari setiap provinsi sebagai narasumber.

“Ini (PON) Olimpiade-nya kita, masa anak bangsa hebat (atlet) ga diangkat,” komentar Wasekjen I Bidang Olahraga Drs.Sadik Algadri ingin para atlet dikenal masyarakat luas, khususnya dari provinsinya masing-masing. KONI Provinsi dilibatkan dalam hal menentukan atlet yang paling tepat untuk mewakili daerahnya pada program tersebut.

Seluruh KONI Provinsi yang menanggapi ajakan Ketua Umum KONI Pusat untuk tingkatkan kuantitas dan kualitas publikasi PON XX siap mendukung dan bahkan mengapresiasi. Beberapa yang sampaikan dukungan sekaligus mengapresiasi antara lain KONI NTT, KONI Jawa Barat, KONI Banten, KONI Sumatera Utara dan lainnya.

Ketua Umum KONI NTT Dr. Ir. Andreas Willem Koreh, MT mengakui bahwa sosialisasi PON XX masih kurang terdengar. “Sungguh kami mengapresiasi kegiatan ini, berita di luar sangat simpang siur,” katanya.

Selain itu, gema PON XX juga semestinya ada di seluruh provinsi yang menjadi pesertanya. “Saya ingin menggarisbawahi apa yang disampaikan Ketua Umum KONI Pusat, sukses PON bukan hanya di Papua tapi gemanya harus dirasakan di Tanah Air,” jelas Brigjen TNI (Purn.) Ahmad Saefudin.

Dalam upaya meningkatkan gema PON XX, KONI Pusat segera membangun Media Center tempat bertemunya para wartawan dan mereka yang terlibat PON XX. Tentunya jumlah publikasi akan meningkat. Semua konten publikasi dari daerah akan terintegrasi dengan Media Center di Ibu Kota. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Kantor Staf Presiden (KSP) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) akan terlibat mendukung Media Center tersebut.

Gagasan dan langkah KONI Pusat mendapat apresiasi dari wartawan senior Tb.Adhi yang hadir secara virtual. “Ini belum pernah dilakukan,” ujarnya. Menurutnya beberapa terobosan terjadi di bawah kepemimpinan Ketua Umum KON Pusat saat ini. “Tim penulis seperti saya akan terbantu karena konten sudah ada,” katanya sambil berharap banyak langkah terobosan lainnya.