Presiden RI Resmi Lepas Atlet Olimpiade Tokyo 2020

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan niat para atlet, pelatih dan ofisial yang akan berangkat ke Jepang guna mengikuti Olimpiade Tokyo 2020. Pada 8 Juli 2021, Presiden Joko Widodo langsung yang melepas kontingen Indonesia secara faktual dan virtual.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim saya lepas Kontingen Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Tokyo tahun 2021 pagi hari ini,” kata Presiden Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta.

Presiden yakin bahwa para Patriot Olahraga Indonesia akan membuahkan hasil baik. Sebelum resmi melepas, Jokowi berpesan agar atlet bertanding secara sportif dan tak lupa tetap menjaga kondisi fisik serta mental.

“Saya yakin Insya Allah perjuangan saudara-saudara akan membuahkan hasil,” ujarnya. “Hari ini sampai ke puncak pertandingan agar jaga kesehatan jaga stamina, jaga motivasi, fokus pada pertandingan dan fokus pada prestasi. Rakyat menaruh harapan besar pada saudara-saudara dan prestasi saudara-saudara akan menjadi prestasi negara kita Indonesia,” tambahnya.

“Selamat menjalankan amanat berarti ini, rakyat menunggu saudara-saudara kembali ke tanah air dengan membawa medali yang membanggakan Indonesia. Semoga perjuangan saudara-saudara berhasil,” doa pemimpin negara kepada kontingen Indonesia.

Menpora Zainudin Amali mengapresiasi atensi presiden pada olahraga prestasi karena pelepasan tersebut. “Kami mengapresiasi bahwa dalam situasi seperti sekarang ini dan juga kita sedang prihatin dengan pandemi Covid-19, tapi perhatian Bapak Presiden terhadap olahraga Indonesia tetap ada dan ditunjukkan dengan pelepasan secara virtual karena ini komitmen pemerintah untuk mendorong majunya olahraga di tanah air,” kata Menpora.

Pelepasan kontingen oleh Presiden Jokowi juga diapresiasi oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman. “Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah memberikan atensi kepada kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade,” katanya.

Pelepasan langsung oleh Presiden Indonesia menjadi dukungan moral yang baik untuk mereka. “Kontingen Indonesia yang berangkat ke Tokyo tujuannya adalah meraih prestasi. Melalui prestasi para Patriot Olahraga, Sang Merah Putih akan dikibarkan serta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang. Hal tersebut membuat mata dunia memandang Indonesia, dahsyat dan perkasa. Pelepasan yang dilakukan Bapak Presiden adalah kebanggaan yang dapat menambah motivasi meraih prestasi,” jelas Marciano.

Sebanyak 28 atlet yang berangkat ke Tokyo juga telah berjuang keras mengamankan tiket Olimpiade. Setiap keringat, pengorbanan dan kegiatan pembinaan olahraga prestasi yang dilakukan para atlet, pelatih, ofisial dan pihak pendukung lainnya, adalah untuk prestasi yang membanggakan Indonesia.

Ketika bertanding pada Olimpiade Tokyo, seluruh kontingen juga harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Menanggapi arahan Presiden Joko Widodo agar menjaga kesehatan, KONI Pusat memberikan masker tambahan untuk setiap orang yang berangkat ke Olimpiade Tokyo. Hal tersebut menjadi pesan sekaligus wujud dukungan agar tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Di samping masker, KONI Pusat juga akan menyalurkan kacamata edisi khusus atlet Olimpiade Tokyo dari Rudy Project Indonesia. Seluruh atlet dan juri/wasit yang mewakili Indonesia di Olimpiade berhak atas kacamata asal Italia tersebut.

Atlet Indonesia pada Olimpiade Tokyo

Bulu Tangkis

  1. Anthony Sinisuka Ginting  (tunggal putra)
  2. Jonatan Christie (tunggal putra)
  3. Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri)
  4. Greysia Polii (ganda putri)
  5. Apriyani Rahayu (ganda putri)
  6. Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra)
  7. Marcus Fernaldi Gideon (ganda putra)
  8. Mohammad Ahsan (ganda putra)
  9. Hendra Setiawan  (ganda putra)
  10. Praveen Jordan (ganda campuran)
  11. Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran)

Angkat Besi

  1. Eko Yuli Irawan (61 kg)
  2. Deni (67 kg)
  3. Rahmat Erwin Abdullah (73 kg)
  4. Windy Cantika Aisah (49 kg)
  5. Nurul Akmal (87 kg)

Panahan

  1. Diananda Choirunnisa (Recurve perorangan putri)
  2. Riau Ega Agatha (Recurve perorangan putra dan Tim beregu putra recurve)
  3. Arif Dwi Pangestu, (Tim beregu putra recurve)
  4. Alviyanto Bagas Prastyadi (Tim beregu putra recurve)

Atletik

  1. Lalu Muhammad Zohri (100 meter putra)
  2. Alvin Tahupeiory (100 meter putri)

Dayung

  1. Mutiara Rahma Putri dan
  2. Melani Putri (lightweight women’s double sculls (LW2x)

Renang

  1. Aflah Fadlan Prawira (putra)
  2. Azzahra Permatahani (putri)

Selancar Ombak

  1. Rio Waida

Menembak

  1. Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (Air Rifle Match dan 3 Position 50 meter putri)