Gelombang Ketiga Tim Indonesia dari Tokyo Tiba Dini Hari di Tanah Air

Olimpiade Tokyo diselenggarakan dari tanggal 23 Juli sampai dengan 8 Agustus 2021. Meski belum selesai, para peserta yang telah menuntaskan jadwal pertandingan dapat kembali ke negara masing-masing dalam rangka antisipasi penularan Covid-19.

Seluruh Patriot Olahraga Prestasi Indonesia sudah kembali dari Tokyo. Gelombang pertama pada 29 Juli 2021, kemudian 1 Agustus 2021 dan ketiga 5 Agustus 2021 dini hari. CdM Rosan Roeslani bersama para atlet, pelatih, ofisial dan sebagian International Technical Officials (ITO) mendarat pada ggelombang ketiga di Tanah Air.

Kepulangan gelombang ketiga menjadi ditunggu-tunggu banyak orang karena di antara rombongan ada Greysia Polii/ Apriyani Rahayu peraih medali emas untuk Indonesia, ada juga Anthony Ginting, tunggal putra yang meraih perunggu dan Rahmat Erwin Abdullah peraih medali perunggu angkat besi.

Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, Ketua Umum PP.PBSI Agung Firman Sampurna, Wakil Ketua PB.PABSI Djoko Pramono, Sekjen PB.PASI Tigor Tanjung, Deputi IV Kemenpora Chandra Bhakti, pengurus Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan beberapa pimpinan organisasi olahraga turut hadir menyambut rombongan Patriot Olahraga Indonesia pada gelombang ketiga di VIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

 “Selamat datang kepada kontingen dalam kelompok terbang terakhir ini disertai ucapan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya terhadap perjuangan yang telah dilakukan oleh kontingen Indonesia baik para atlet, pelatih dan tenaga pendukung yang telah mengharumkan Bangsa Indonesia di ajang tertinggi olahraga, yakni Olimpiade Tokyo yang telah kita jalani,” kata Menpora.

Menpora jelaskan bahwa presiden akan menerima langsung Kontingen Indonesia di Istana Negara dalam waktu dekat, tentunya setelah karantina di Tanah Air selesai.

“Bersama rombongan kami, ada 9 atlet sebagai rombongan terakhir. Semua atlet dan ofisial baik di sana dan di sini Alhamdulillah kondisinya sehat semua,” terang Rosan. Tak lupa, Ketua Kontingen sampaikan terima kasih kepada Menpora, Ketua Umum KONI Pusat, Ketua induk cabang olahraga dan lainnya.

Agung Firman Sampurna sampaikan terima kasih kepada pemerintah yang memberikan dukungan dan para atlet yang telah berjuang keras.

Ketua Umum KONI Pusat juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh anak bangsa yang mewakili Indonesia pada Olimpiade. “Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Patriot Olahraga kebanggaan Indonesia yang mewakili Indonesia di Tokyo,” katanya berterima kasih kepada seluruh atlet, pelatih, ofisial, induk cabang olahraga, dan Ketua Kontingen Tim Indonesia.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada ITO asal Indonesia. “Kepada para juri, wasit dan steward Indonesia yang berangkat ke Tokyo, saya sampaikan terima kasih. ITO asal Indonesia tak kalah membanggakan karena mereka terpilih federasi internasional berkat kemampuan serta pemahamannya yang mendalam tentang cabang olahraga,” kata Marciano.

Adapun beberapa ITO asal Indonesia antara lain Henry Oka (menembak), Boy Pohan (Tinju), Pranarta Arumbowo (loncat indah), Wahyana (bulu tangkis), Lia (bulu tangkis), Hatta (bulu tangkis) dan Moelyono (Equestrian) yang masih bertugas di Tokyo.