KONI Pusat Gencar Gandeng Mitra dalam Rangka Sukseskan PON XX

Dalam rangka sukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat gencar menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa pandemi Covid-19 bukan halangan untuk produktif berkarya untuk negeri.

Pada hari selasa tanggal 10 Agustus 2021, KONI menandatangani dua nota kesepahaman, yakni dengan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) dan PT. Aero Globe Indonesia (AGI). Proses penandatanganan dengan RRI dan PT. AGI dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Adria Pratama Mulya (APM) Equestrian Centre (APM) Tigaraksa, Banten.

“Insya Allah penandatanganan kedua nota kesepahaman ini berdampak sangat positif untuk kemajuan olahraga prestasi yang sedang kita tekuni bersama,” kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman.

Penandatanganan dilakukan dengan LPP RRI yang diwakili Direktur Program Soleman Yusuf sedangkan PT.AGI diwakili Direktur Keuangan Boedi Soeharto.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman dan Direktur Program LPP RRI Soleman Yusuf

“KONI Pusat bersinergi dengan RRI, dengan seluruh jaringannya yang ada di Indonesia untuk kita memajukan olahraga prestasi dan untuk kita bersinergi memotivasi masyarakat kita yang berada di pelosok sekalipun untuk terus mereka giat berolahraga,” terang Ketua Umum KONI Pusat berharap kejayaan olahraga prestasi Indonesia. Marciano tegaskan keinginan KONI Pusat agar setiap atlet berbakat di daerah dapat terpantau dengan baik oleh media, khususnya RRI.

Soleman Yusuf juga sampaikan keinginan LPP RRI dalam memberitakan olahraga prestasi. Menurutnya berita olahraga dapat berdampak positif bagi masyarakat. “Bukan sekedar informasi, bahkan untuk menghibur dan memotivasi masyarakat, itu kenapa kami menyambut baik kerja sama RRI dengan KONI Pusat,” tandasnya.

Di luar itu, terdapat kesamaan antara olahraga prestasi dan salah satu prinsip LPP RRI, yakni Perekat dan Pemersatu Bangsa Indonesia.

Kesamaan lainnya adalah jangkauan KONI hingga seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia juga dimiliki oleh jaringan RRI. Oleh karenanya, RRI diharapkan mampu mendukung publikasi sekaligus menjadi fungsi Sport Intelligence dalam rangka membangun olahraga prestasi Tanah Air, khususnya turut sukseskan PON XX di Papua. Ketua Umum KONI Pusat berharap peran media yang memberikan masukan-masukan konstruktif untuk olahraga prestasi.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman dan Direktur Keuangan PT.AGI Boedi Soeharto

Penandatanganan nota kesepahaman kedua yakni antara KONI Pusat dengan PT.AGI, perusahaan travel yang masih keluarga Garuda Indonesia Group. KONI Pusat memilih PT.AGI karena pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang travel, jaringan di berbagai daerah, fasilitas layanan yang lengkap, dan yang terpenting siap mendukung suksesnya PON XX dalam hal menyediakan transportasi.

Adapun KONI Pusat telah bekerja sama dengan Garuda Indonesia terlebih dahulu. Namun begitu, benefit dari kerja sama tersebut bisa didapatkan melalui agen travel yang ditunjuk oleh KONI Pusat dan terdaftar di Garuda Indonesia.

PT.AGI menjadi opsi penyedia transportasi udara kontingen PON XX di Papua yang berasal dari 33 provinsi. Ketua Umum KONI Pusat berharap kebutuhan transportasi ke Papua dapat dipenuhi dengan baik dan lancar. Salah satu suksesnya PON XX karena kehadiran seluruh kontingen provinsi sesuai dengan jadwal agar penyelenggaraan pertandingan dapat sesuai dengan rencana.

“Kita bertanggung jawab memobilisasi atlet kontingen PON XX dari seluruh Indonesia”, ujar Direktur Keuangan PT.AGI. “Mudah-mudahan semua dapat berjalan lancar,” sambungnya, Hal terpenting, PT.AGI dapat menjamin ketersediaan transportasi ke Papua. Maskapai Citilink yang juga masih anak perusahaan Garuda Indonesia siap dikerahkan untuk sukseskan PON XX.