Menyesuaikan Pandemi Covid-19, Kirab Api PON XX Diselenggarakan Secara Virtual

Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) menjadi kegiatan yang tak terpisahkan dari perhelatan olahraga akbar empat tahunan tersebut, tak terkecuali pada PON XX Tahun 2021 di Papua. Peluncuran Kirab Api PON XX digelar secara virtual pada 1 September 2021.

“Dalam menyambut ajang olahraga terbesar sejak tahun 1948, PON XX Papua 2021 kini akan segera diadakan kembali pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021, seperti yang kita ketahui dalam penyelenggaraan setiap tahunnya, prosesi Kirab Api PON merupakan kegiatan yang selalu menjadi tradisi penyelenggaraan sebagai upaya untuk membagikan kehangatan peristiwa akbar olahraga ke seluruh kota di Indonesia,” ujar Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman.

Akan tetapi Kirab Api PON XX akan diselenggarakan secara virtual mengingat pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai. “Dikarenakan situasi pandemi Covid-19 saat ini, prosesi Kirab Api PON tidak dapat dilakukan sepenuhnya sehingga sebagian prosesi ini akan dilakukan secara virtual,” sambung Ketua Umum KONI Pusat.

“Mari kita berpartisipasi dan membagikan kehangatan dengan mengikuti kegiatan Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021, jadilah bagian dari sejarah PON,” ajak Marciano Norman.

PON XX yang siap digelar merupakan PON pertama yang diselenggarakan di masa pandemi Covid-19. Bangsa Indonesia akan membuktikan kemampuannya mengikuti kesuksesan Olimpiade Tokyo 2020. Oleh karenanya, PON kali ini berpesan sangat penting dan tercatat dalam sejarah olahraga prestasi Indonesia.

“PON XX di Papua memiliki peran penting. Pertama sebagai momentum persatuan Bangsa Indonesia melalui kegiatan olahraga. Masyarakat Papua sebagai tuan rumah akan mempersatukan 33 kontingen provinsi yang akan datang untuk mengikuti PON,” terang Sekjen KONI Pusat Drs.Tb.Lukman Djajadikusuma, MEMOS.

“Kedua sebagai momentum kebangkitan Bangsa Indonesia dari pandemi Covid-19. Penyelenggaraan kegiatan PON XX di tengah pandemi dengan protokol kesehatan yang ketat akan membuktikan bahwa kita dapat tetap produktif jika disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Adapun kategori yang dapat diikuti antara lain 5 Km, 10 Km, 21 Km dan 42 Km. Peserta akan dapatkan jersey dan medali edisi khusus PON XX. Pendaftaran dapat dilakukan melalui link;

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi (WA) 0815 130 10000