Seluruh Cabor Eksibisi PON XX Tahun 2021 di Papua Sampaikan Kesiapannya

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman memimpin rapat dengan cabang olahraga eksibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua. Tujuan rapat secara virtual tersebut adalah mengecek kesiapan 11 cabor, antara lain Esport, Hapkido, Modern Pentathlon, Kabaddi, Kick Boxing, Kurash, Sambo, Selancar Ombak, Triathlon, Ju-jitsu, dan Paramotor.

Kesungguhan dalam mempersiapkan 11 cabor eksibisi mendapat apresiasi dari Ketua Umum KONI Pusat. Seluruh cabor tersebut telah memenuhi syarat minimal 5 peserta provinsi yang bertanding dan juga sudah siap menggelar pertandingan.

“Bahwa 11 cabor eksibisi ini juga nanti punya peluang untuk dipertandingkan pada PON XXI Tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh,” kata Marciano sampaikan harapannya untuk seluruh cabor eksibisi.

Terkait penyelenggaraan cabor eksibisi, baik di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke, Ketua Umum KONI Pusat berpesan agar dikoordinasikan dengan baik bersama PB.PON XX agar tidak ada jadwal yang bentrok dengan cabor lainnya.

Tak lupa Marciano juga mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan ketat kepada seluruh cabor eksibisi. Seluruh kontingen yang datang ke Papua harus sudah divaksin dan negatif tes PCR. Adapun juga yang belum dapat divaksin, maka diwajibkan membawa keterangan dari dokter.

“Keterangan dokter yang menyatakan bahwa atlet ini belum bisa divaksin karena apa, itu dilampirkan,” terangnya.

Sekjen KONI Pusat, Drs.Tb.Lukman Djajadikusuma, MEMOS menambahkan informasi terkait ketentuan medali. Seluruh medali, menggunakan lambang PON XX pada bagian depan, dan pada bagian belakang berupa maskot atau dapat lambang yang ditentukan cabor.

Sekilas Tentang 11Cabor Eksibisi

Esport
Pertandingan digelar di Kabupaten Jayapura pada tanggal 22-26 September. Venue yang digunakan adalah Venue Hoki Indoor yang berada di Doyo Baru. Dikabarkan oleh PB.Esport Indonesia yang telah melakukan survei bahwa listrik, air dan internet dalam keadaan baik.

Adapun pertandingan yang akan diselenggarakan antara lain Mobile Legend, Lokapala, Pro Evolution Soccer (PES), Free Fire, PUBG. Sekitar 100 orang peserta dari 34 provinsi dan 300 orang panitia akan terlibat.

Hapkido
Cabor Hapkido dikabarkan siap dipertandingkan di Ballroom Hotel Suni Sentani Kabupaten Jayapura. Pertandingan akan dihelat pada tanggal 25 September dengan sistem Bubble. Ketua Panitia Pelaksananya adalah Wakil Walikota Jayapura Ir.H.Rustan Saru,MM.

Modern Pentathlon
Dipertandingkan di Kabupaten Jayapura sebagaimana Esport dan Hapkido, Modern Pentathlon digelar di Yoniv RK 751 Kodam XVII Cendrawasih Sentani. Kondisi lapangan dilaporkan sudah siap dan tengah menunggu izin yang masih dalam proses.

Pertandingan yang dilakukan oleh 8 provinsi peserta diselenggarakan pada tanggal 8 – 9 Oktober.

Paramotor
Sebagai satu-satunya cabor eksibisi di Kabupaten Merauke, Paramotor digelar di Lapangan Udara Mopah Merauke. Pertandingan akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 12 Oktober 2021. Sebanyak 25 atlet dari 14 provinsi akan bertanding pada empat nomor. Saat ini, tengah dilakukan finalisasi lapangan, dan hal lainnya.

Ju-jitsu
Kabupaten Mimika akan menjadi tempat untuk penyelenggaraan Ju-jitsu, sebagai satu-satunya cabor eksibisi. Sebanyak 11 provinsi akan bertanding di GOR Multi Purpose Community Center (MPCC). 18 nomor pertandingan akan diikuti oleh 82 atlet, baik putra dan putri tanggal 10 Oktober 2021.

Kabaddi
Cabor Kabaddi siap digelar di Kota Jayapura, tepatnya di GOR Trikora Uncen. 110 peserta dari 9 provinsi berlaga tangga 27-30 September 2021.

Triathlon
Perlombaan dijadwalkan pada tanggal 22-23 September di Venue Dayung, Teluk Youtefa. 3 nomor untuk putra dan 3 juga untuk putri diikuti 75 atlet dari 14 provinsi.

Kick Boxing
Bertempat di GOR Waringin, Kota Jayapura, pertandingan Kick Boxing digelar tanggal 22-23 September. Dilaporkan dalam rapat bahwa seluruh peralatan sudah siap seperti ring dan matras. Pertandingannya terdiri dari 4 nomor putra dan 3 nomor putri.

Terkait akomodasi, kontingen akan tinggal di Asrama Haji Jayapura. 84 orang atlet dari luar Papua direncanakan hadir.

Selancar Ombak
Berada di Pantai hamadi, Kota Jayapura, selancar ombak dipertandingkan tanggal 22-23 September. Nantinya, wasit terbaik akan terlibat dalam pertandingan yang diikuti 7 provinsi. Secara umum, pelaksanaan sudah siap dan pengecekan tengah dilakukan.

Sambo
Cabor eksibisi ini mempertandingkan 11 nomor dan diikuti oleh 17 provinsi. Baik Venue dan akomodasi akan bertempat di Balatkes Kota Jayapura. Pertandingan di auditorium sedangkan akomodasi di asrama Balatkes. Pertandingan dilakukan tanggal 9-11 Oktober.

Kurash
Penyelenggaraan pertandingan dan akomodasi sama dengan Sambo yakni di Balatkes Kota Jayapura. Namun begitu, tanggal penyelenggaraan pertandingan yang berbeda, yakni tanggal 5-6 Oktober. Dilaporkan sekitar 7 hingga 9 provinsi akan menjadi peserta dengan estimasi atlet sebanyak 50-60 orang. Adapun nomor pertandingan sebanyak 5 untuk putra dan 5 untuk putri.