Ketum KONI Pusat Melantik Ali Baal Masdar sebagai Ketum KONI Sulbar

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman melantik Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Barat H.M. Ali Baal Masdar masa bakti 2021-2025 di kantor KONI Pusat tanggal 2 September 2021.

“Kehadiran Bapak memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Sulawesi Barat akan menjadi hikmah besar bagi olahraga prestasi di Sulawesi Barat,” kata Ketua Umum KONI Pusat saat memberikan sambutan pada upacara pelantikan yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Pusat mengajak Provinsi Sulawesi Barat untuk turut sukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua yang akan resmi dibuka tepat 30 hari saat pelantikan digelar.

PON tahun ini menjadi berbeda dibanding semua PON sebelumnya karena digelar di tengah masa pandemi Covid-19 yang tidak normal dan jauh dari ideal. Namun begitu, masyarakat olahraga prestasi dapat tetap bertanding dengan penerapan protokol kesehatan ketat sebagaimana Olimpiade Tokyo 2020 yang telah berjalan lancar.

Oleh karenanya, Ketua Umum KONI Pusat berpesan agar Provinsi Sulawesi Barat dapat turut serta perhelatan empat tahunan tersebut dan memotivasi masyarakat agar bangkit dari pandemi Covid-19. “Para atlet dan pengurus KONI Sulawesi Barat harus jadi model untuk memotivasi masyarakat. Pertama patuh pada protokol kesehatan secara ketat, yang kedua mereka terus berolahraga agar daya tahan tubuhnya semakin baik, yang ketiga bahwa dengan kegiatan-kegiatan yang teratur itu mereka juga harus bersemangat untuk bisa bangkit dari masa yang sangat sulit ini,” ujar Marciano.

Tak lupa, Ketua Umum KONI Pusat juga berpesan kepada jajaran pengurus KONI Sulawesi Barat agar mendukung ketua umumnya secara maksimal.

Ali Baal Masdar yang juga Gubernur Sulawesi Barat sampaikan terima kasih atas kepercayaan kepada dirinya untuk memimpin KONI Sulawesi Barat. Ia akui bahwa tugas yang diterimanya tidak mudah tapi Ketua Umum KONI Sulawesi Barat yang baru saja dilantik itu yakin dapat menghadapi tantangan dengan bekerja keras disertai kebersamaan.

“Terwujudnya KONI Sulawesi Barat sebagai organisasi yang solid untuk tingkatkan prestasi olahraga di Sulawesi Barat, sebagaimana menjadikan visi tersebut, saya telah menyiapkan penjabaran dalam bentuk program jangka pendek, menengah dan panjang,” terang gubernur yang juga mantan atlet polo air dan selam.