KONI Pusat dan Universitas Pakuan Jalin Kerja Sama untuk Mendukung Pendidikan Atlet

Pendidikan menjadi bekal yang perlu diberikan kepada setiap orang, tak terkecuali para atlet untuk menghadapi masa depannya. Oleh karenanya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat terus berusaha bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi untuk mendukung hal tersebut.

“Dukungan perguruan tinggi kepada komunitas olahraga sangat penting”, sebut Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman sebelum penandatanganan Nota Kesepahaman KONI Pusat dengan Universitas Pakuan tanggal 3 September 2021.

Nota Kesepahaman KONI Pusat dengan Universitas Pakuan ditandatangani oleh Ketua Umum KONI Pusat dan juga Rektor Rektor Prof.Dr. H.Bibin Rubini, M.Pd bertempat di Kantor KONI Pusat.

“Merupakan satu kontribusi yang berarti walaupun kecil tetapi merupakan bagian dari pembangunan bangsa yang punya karakter, bangsa yang punya kompetensi, bangsa yang punya daya saing.” jelas Marciano tentang harapannya atas kerja sama antara KONI Pusat dan Universitas Pakuan.

Apresiasi setinggi-tingginya diberikan kepada universitas yang mendukung pendidikan para atlet. Para atlet perlu solusi dalam menempuh pendidikan, mengingat jadwalnya yang banyak dihabiskan untuk berlatih. Adanya program pendidikan Daring dirasa membantu para atlet.

“Kita mencoba memenuhi kebutuhan-kebutuhan tentang kesejahteraan pikirannya,” ujar Rektor Universitas Pakuan.

“Kebutuhan atlet itu bukan hanya olahraga tapi juga olah pikir, supaya dia punya karakter, sebab olahragawan yang baik itu olahragawan yang memunculkan suatu prestasi tapi dia juga berkarakter,” lanjut Prof. Dr. H.Bibin Rubini.

Universitas yang berada di Kota Bogor memiliki program Pasca Sarjana, Vokasi dan Sarjana yang terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Budaya, Fakultas Teknik dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Selain dukungan pendidikan kepada atlet, Ketua Umum KONI Pusat juga berharap agar kampus menjadi tempat pembinaan olahraga prestasi. “Kampus itu bisa menjadi pembinaan olahraga prestasi,” kata Marciano sampaikan harap. Menurutnya, venue berstandar internasional dapat dibangun di kampus agar dapat dimanfaatkan untuk pembinaan olahraga mahasiswa.