Ketum KONI Pusat Bertemu Pemred Media Nasional Demi Sukseskan Publikasi PON XX

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua akan resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober 2021 atau tinggal 22 hari lagi. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengundang pemimpin redaksi media massa nasional untuk mengajak sukseskan publikasi PON XX.

Suksesnya PON XX menjadi suatu keharusan bagi Bangsa Indonesia. Pasalnya PON tahun ini memiliki makna penting. “Pertama, kita menunjukkan bahwa Papua itu bagian dari NKRI, di Papua situasinya juga aman, pembangunan di Papua sama pesatnya seperti di daerah lain,” buka Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman.

Masyarakat Papua yang akan mempersatukan Bangsa Indonesia melalui olahraga juga antusias sebagai tuan rumah PON XX. “Masyarakat Papua antusias menjadi tuan rumah PON, mereka ingin hal-hal yang belum selesai juga menjadi perhatian dari Pak Gubernur selaku Ketua PB.PON,” jelas Ketua Umum KONI Pusat pada 10 September 2021.

PON XX Tahun 2021 di Papua akan diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Keberhasilan Olimpiade Tokyo 2020 menjadi motivasi tersendiri untuk sukseskan penyelenggaraan PON XX. Oleh karenanya, keberhasilan PON XX nanti diharapkan akan menjadi momentum kebangkitan Bangsa Indonesia dari Covid-19.

“Mari kita jadikan PON XX sebagai momentum kebangkitan Bangsa Indonesia dari pandemi Covid-19. Keberhasilan penyelenggaraan PON dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat akan membuktikan bahwa kita dapat tetap berkarya dan berprestasi di masa pandemi Covid-19,” jelas Marciano berharap PON XX dapat memberikan dampak positif bagi kegiatan pembinaan olahraga prestasi ke depan.

Di samping itu, Marciano juga menilai bahwa Masyarakat Indonesia sudah demam melihat kegiatan olahraga, terbukti dengan Piala Euro sepak bola dan Olimpiade serta Paralimpiade Tokyo 2020. Indonesia juga bisa melakukan hal serupa.

Oleh karenanya, Ketua Umum KONI Pusat mengajak seluruh media massa nasional mendukung publikasi PON XX yang memotivasi Bangsa Indonesia. “Kita bisa bersama untuk juga mengemas pemberitaan Pekan Olahraga Nasional ini juga membuat masyarakat kita bergairah melihat event-event olahraga, memberikan semangat kepada mereka, memberikan dorongan kepada kontingen yang mewakili daerahnya masing-masing,” ajak Ketua Umum KONI Pusat.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong juga sampaikan dukungan publikasi untuk PON XX. Ia jelaskan bahwa Pemerintah akan menyiapkan sumber konten publikasi pada situs https://infopublik.id/. Adanya sumber konten publikasi tersebut diharapkan mampu mendukung media massa yang tidak hadir di Papua.

“Mengambil berita dari publik dalam bentuk teks dan dalam bentuk video. Ya silakan kawan-kawan mengambil, itu nanti source di infopublik.id,” terang Dirjen.

Media nasional yang hadir juga antusias untuk sukseskan publikasi PON XX, salah satunya adalah TVRI. “TVRI sudah siap meliput secara maksimal, kita sudah berangkatkan peralatan,” terang perwakilan TVRI yang hadir secara virtual.

KONI Pusat juga akan membantu fasilitasi terkait konten yang dibutuhkan oleh publik. Dengan baik serta mudahnya akses konten, diharapkan publikasi dapat memotivasi seluruh Bangsa Indonesia.