KONI Pusat Lantik Dua KONI Provinsi Sekaligus, KONI Sumbar dan Jambi

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman melantik kepengurusan KONI Sumatera Barat dan KONI Jambi sekaligus pada tanggal 14 September 2021. Kedua kepengurusan tersebut memiliki masa bakti 2021-2025, baik KONI Sumatera Barat yang dipimpin H.Agus Suardi dan KONI Jambi Budi Setiawan SP.MM.

Pelaksanaan pelantikan dilakukan di kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Hadir juga Gubernur Jambi Dr.H. Al Haris, S.Sos, MH

Mengingat pelantikan dilakukan sekaligus, maka Janji Prasetya yang dibacakan Ketua Umum KONI Pusat, diikuti oleh seluruh jajaran pengurus KONI Jambi dan KONI Sumatera Barat.

Ketua Umum KONI Jambi, Budi Setiawan mendapatkan kesempatan memberikan sambutan pertama. Menyampaikan terima kasih kepada KONI Pusat yang telah memfasilitasi dan Gubernur Jambi yang selalu memberikan dukungan. “Beliau (Gubernur Jambi) akan membangun sport center di Provinsi Jambi,” tandasnya berterima kasih dan yakin membawa Jambi berprestasi.

Gubernur Jambi Dr.H. Al Haris memberikan sambutan secara virtual. “Kami menyampaikan apresiasi kepada KONI, di tengah pandemi, kita masih dapat menghadirkan PON XX ,” katanya bangga.

Tak hanya melihat olahraga sebagai kegiatan fisik, Al Haris tegaskan bahwa olahraga juga terkait dengan karakter bangsa. “Kita ingin anak bangsa ini punya karakter, tugasnya bukan hanya olahraga tapi juga membangun karakter anak bangsa,” jelasnya. Al Haris juga menitipkan aset-aset yang dititipkan ke KONI Jambi, seperti SPBU.

Setelah itu, giliran Agus Suardi memberikan sambutan. “Apresiasi kinerja pengurus KONI Pusat dalam mempersiapkan PON XX Papua,” katanya membahas tentang bimbingan yang didapatkan KONI Sumatera Barat sebagai kontingen PON XX.

Agus juga tegaskan bahwa PON XX bukan tentang kalah menang dalam pertandingan tapi ada hal yang lebih penting, yakni persatuan Indonesia melalui olahraga. “KONI Pusat telah berhasil menjaga persatuan dan kesatuan di Tanah Papua,” tandasnya.

Di akhir rangkaian, Ketua Umum KONI Pusat memberikan sambutan. “Tugas kita melakukan pembinaan olahraga prestasi di daerah, tugas kita dapat berjalan baik jika bekerja sama dengan pemerintah daerah,” katanya di awal sambutan.

Ketua Umum KONI Pusat berpesan agar organisasi olahraga prestasi harus dikelola dengan baik. “Karena sumber atlet-atlet itu adanya di daerah, oleh karenanya kita harus menata kembali organisasi kita, bagaimana kita dapat melakukan rekrutmen atlet-atlet daerah,” pesan Ketua Umum KONI Pusat.

Tak lupa, Ketua Umum KONI Pusat mengajak untuk mengantar atlet-atlet sukseskan PON XX Papua dalam hal prestasi. “Dalam PON itu, salah satu tolak ukur keberhasilannya, para atlet-atlet yang ikut berlaga, ada di antara mereka memecahkan rekor nasional dan internasional sehingga lahir atlet-atlet masa depan kita. Saya harap ada atlet-atlet binaan KONI Jambi dan KONI Sumatera Barat,” jelas Marciano.

Selain itu, akuntabilitas juga turut disinggung Ketua Umum KONI Pusat. “Mari kita bersama berupaya maksimal untuk mengembalikan, memelihara dan memaksimalkan kepercayaan publik akan organisasi olahraga,” ujarnya.