Puji Beberapa Venue di Mimika, Ketum KONI Pusat Berharap Dimanfaatkan untuk Kompetisi Pasca PON XX

Foto : Gerakita

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman tiba di Kabupaten Mimika pada sore hari tanggal 6 Oktober 2021. Setiba di salah satu klaster penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021, ia beserta jajarannya langsung mengunjungi beberapa pertandingan cabang olahraga hingga berakhir di GOR Biliar Mimika.

“Saya rasa ini gedung Biliar yang juga berkelas dalam arti memenuhi standar untuk digunakan kejuaraan-kejuaraan,” katanya mendorong banyaknya kompetisi guna melahirkan atlet berprestasi. “Ke depan tentunya cabang olahraga Biliar ini bisa jadi salah satu olahraga unggulannya Papua dengan tempat yang baik, dengan aset, atlet yang baik,” sambungnya.

Venue yang baik diharapkan mampu dimanfaatkan setelah PON XX berakhir. Adanya venue harus bisa berdampak positif bagi pembinaan olahraga prestasi, khususnya di sekitar tempat venue berada.

Foto : Gerakita

Selain Biliar, Ketua Umum KONI Pusat juga mengapresiasi venue yang dikunjunginya sebelum ke GOR Biliar Mimika. “Saya rasa venue atletik kita juga sangat bagus dan ke depan saya berharap menjadi pusat pembinaan atlet-atlet asal Indonesia Timur,” katanya menilai Mimika Sport Complex, venue pertama yang dikunjungi setiba di Mimika.

Di venue yang dibangun oleh Freeport Indonesia tersebut, Ketua Umum KONI Pusat sempat menyerahkan medali atletik pada nomor 100 m putri. Adapun yang meraih emas adalah Tyas Murtiningsih asal Jawa Barat. Sebelum ke laga final, Tyas berhasil memecahkan rekor PON 100 m putri dengan torehan 11,67 detik. Sebelumnya rekor tersebut milik Irene Truitje Joseph asal Maluku dengan waktu 11,73 detik.

Pelari asal Jawa Barat lainnya, Erna Nuryanti meraih medali perak, sedangkan medali perunggu diraih oleh Hasruni asal Bengkulu. Di bawah Hasruni, ada nama Alvin Tehupeiory, pelari yang mewakili Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020.

Foto : Gerakita