Berkunjung ke Beberapa Venue, Ketum KONI Pusat Apresiasi Penyelenggaraan PON XX Klaster Mimika

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman melanjutkan peninjauan beberapa pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Kabupaten Mimika pada 7 Oktober 2021. Sehari sebelumnya, Marciano beserta jajarannya telah berkunjung dan menyaksikan pertandingan atletik, panjat tebing dan biliar.

Pertama kali, Ketua Umum KONI Pusat berkunjung ke venue Terjun Payung. Cabang olahraga Terjun Payung dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Mimika dari tanggal 3 – 14 Oktober 2021. Sebanyak 87 atlet dari 12 provinsi bertanding pada 3 jenis pertandingan yakni accuracy (Ketepatan mendarat), formation Skydiving (kerja sama di udara) dan Canopy formation (kerjasama antar parasut).

“Saya rasa panitia pelaksana sudah mempersiapkan sebaik-baiknya,” buka Marciano menilai persiapan panitia pelaksana. Sayangnya, cuaca kurang bersahabat sehingga menunda penampilan beberapa atlet. “Mereka sudah berhasil melepas beberapa shorty penerjunan ini,” lanjutnya mengapresiasi panitia pelaksana yang sempat melaksanakan pertandingan sebelum sepakati penundaan.

Setelah itu, Ketua Umum KONI Pusat berkunjung ke Mimika Sport Complex (MSC) untuk menyaksikan pertandingan basket putri 5 x 5. Selain basket 5 x 5 yang digelar tanggal 29 September sampai dengan 9 Oktober 2021, dipertandingkan juga nomor 3 x 3 yang dihelat tanggal 12 – 14 Oktober 2021.

“Venue yang sangat-sangat siap dan memenuhi syarat, ini venue basket yang bagus. Saya harapkan nanti setelah PON ini event harus banyak di sini,” kata Ketua Umum KONI Pusat sampaikan harapan. Fasilitas yang telah ada harus memberikan dampak positif pada pembinaan olahraga prestasi.

Selain venue, Ketua Umum KONI Pusat memuji performa atlet provinsi yang merata. Hal tersebut dikarenakan kualitas pembinaan yang baik di beberapa provinsi. “Pembinaan yang dilakukan oleh Perbasi berjalan bagus,” katanya mengapresiasi.

Pada hari kedua kunjungan Ketua Umum KONI Pusat ke Mimika, beberapa pertandingan cabang olahraga PON XX sudah selesai dengan lancar digelar, antara lain;

  1. Polo Air
  2. Baseball
  3. Muaythai
  4. Canoeing
  5. Sepatu Roda
  6. Senam Artistik
  7. Cricket
  8. Binaraga
  9. Futsal
  10. Judo
  11. Wushu
  12. Taekwondo
  13. Renang Perairan Terbuka
  14. Terbang Layang
  15. Gantole