Tarung Derajat Tutup Rangkaian Kunjungan Ketum KONI Pusat di Mimika

Foto : Gerakita

Pertandingan Tarung Derajat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 dimulai pada tanggal 8 Oktober di GSG Eme Neme Yauware Mimika. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman hadir pada hari pertama pertandingan digelar.

Tarung Derajat menjadi cabang olahraga terakhir yang dikunjungi Ketua Umum KONI Pusat dalam rangkaian kunjungan pertandingan PON XX di klaster Kabupaten Mimika.

Pada kunjungannya, Ketua Umum KONI Pusat dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, sempat menyaksikan dua pertandingan tarung putra, yakni antara DKI Jakarta dan tuan rumah Papua, yang dimenangkan Papua selanjutnya pertandingan antara Bali dan Jawa Barat yang dimenangkan Bali.

Foto : Gerakita

Sebanyak 124 orang atlet dari 24 provinsi bertanding pada 18 nomor pertandingan, diantaranya ada nomor seni gerak dan tarung, baik untuk putra maupun putri. Hal tersebut disampaikan oleh Technical Delegate Tarung Derajat, H. Noves Narayana.

Noves juga jelaskan bahwa venue yang digunakan sudah baik dan memenuhi kriteria. “Kriterianya ada tribun penontonnya yang memiliki jarak dengan arena sekitar 3 meter,” terangnya. Arena pertandingan dilengkapi matras dengan ukuran 12 x 12 meter dengan ketebalan 2,5 cm.

Selain itu, kelengkapan lainnya seperti listrik, air, sirkulasi udara, dan cahaya diakuinya cukup.

Ketua Umum KONI Pusat berharap agar penyelenggaraan pertandingan Tarung Derajat hingga tanggal 12 Oktober berjalan lancar dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Tentunya sebelum pertandingan perlu dilakukan swab, mengingat hal tersebut adalah salah satu ketentuan cabang olahraga body contact.

Selain itu, sebagai cabang olahraga asli Indonesia, Tarung Derajat ditargetkan harus mendunia dan dipertandingkan pada Olimpiade pada suatu saat nanti.