Ketum KONI Pusat Saksikan Dua Pertandingan Cabor Unggulan

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman berkunjung dan menyaksikan dua pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada tanggal 10 Oktober 2021.

Dua pertandingan yang dikunjungi yakni Dayung dan Voli pasir. Keduanya adalah cabang olahraga (cabor) unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Dalam kunjungannya, Ketua Umum KONI Pusat didampingi jajarannya, antara lain Waketum II Mayjen TNI (Purn.) Soedarmo, Waketum IV Chris John, Sekjen Drs. Tb. Lukman Djajadikusuma, MEMOS, dan Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat bidang Komunikasi Publik Dr. Aqua Dwipayana.

Cabang olahraga pertama yang disaksikan adalah dayung, pertandingan Traditional Boat Race (TBR). TBR sendiri dipertandingkan sejak tanggal 8 – 13 Oktober 2021, di Teluk Youtefa Kota Jayapura sebagaimana Canoeing dan Rowing.

Sebelumnya, Canoeing sudah tuntas digelar pada tanggal 27 September – 2 Oktober, sedangkan Rowing pada tanggal 3 – 7 Oktober. Sebanyak 16 nomor Canoeing dan 15 nomor Rowing telah dilaksanakan.

Selanjutnya, rombongan bertolak ke GOR Voli Pasir Koya Koso. Rombongan menyaksikan perebutan medali perunggu voli pasir putri antara Tim Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) II melawan wakil Jawa Timur. Bernadetha Shella Herdanti/Sari Hartati membela DIY II sedangkan Diva Rista/Nur Atika Sari mewakili Jawa Timur.

Pertandingan set pertama dikuasai oleh DIY II, hingga menutup dengan skor 21-16. Pada set berikutnya, Jawa Timur mengamuk dan menghajar DIY II dengan skor 21-9.

Akhirnya Jawa Timur berhak atas medali perunggu pasca menang pada set penentu dengan skor 15-9.

Ketum KONI Pusat bersalaman dengan Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, disaksikan Wakapolda Papua Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto

Pertandingan tersebut disaksikan oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X RM. Hario Bimo, Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah dan Wakapolda Papua Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto.

Ke depan, diharapkan kedua cabor tersebut dapat berkembang lebih baik lagi di Indonesia sehingga dapat menjaring lebih banyak minat masyarakat. Pasalnya, banyak tempat yang berpotensi menjadi tempat pembinaan kedua cabor tersebut.

Staf Ahli Ketum KONI Pusat bidang Komunikasi Publik Aqua Dwipayana berpendapat usai pertandingan, “Kualitas pertandingan bagus, salah satunya terbukti dari bagaimana Tim Jawa Timur bisa bangkit, yang tadinya kalah namun dengan mental yang baik, mereka dapat membalikan keadaan hingga meraih medali perunggu. Di samping itu, dukungan yang besar dari supporter Jawa Timur memberikan andil atas kemenangan tersebut”.