Kemenangan Tuan Rumah Papua Menutup Rangkaian Pertandingan Sepak Bola Putri PON XX

Cabang olahraga (cabor) sepak bola putri pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua telah tuntas menggelar babak final. Stadion Katapal, Kabupaten Merauke menjadi tempat berlangsungnya laga puncak tersebut pada hari Senin 11 Oktober 2021 pukul 14.30 WIT.

Sebanyak 6 provinsi turut serta bertanding pada sepak bola putri antara lain, Papua, Papua Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Tengah dan Bangka Belitung.

Tuan rumah Papua yang menjamu tuan rumah PON sebelumnya, yakni Jawa Barat berhasil menang dan keluar sebagai juara.

Perjalanan kedua tim dapat bertemu di final diawali dengan kemenangan pada semifinal. Papua berhasil melangkah ke laga final usai menghajar Bangka Belitung 4 gol tanpa balas pada 9 Oktober lalu. Pada tanggal yang sama, Jawa Barat menang 3-0 dari wakil ibu kota.

Sebelumnya, Papua dan Jawa Barat pernah bertemu ketika masih sama-sama berada di Grup A. Saat itu, Papua menang tipis 1-0 dari Jawa Barat.

Pertandingan final menegangkan sejak awal hingga babak pertama berakhir tanpa gol. Masyarakat antusias melihat pertandingan tersebut karena permainannya yang berkualitas.

Sebagai informasi, sepak bola putri Indonesia masuk 100 besar ranking FIFA, tepatnya berada di urutan 96 dunia. Sedangkan sepak bola putra masih berada di ranking 175.

Papua akhirnya berhasil mencetak gol melalui tendangan jarak jauh pemain nomor 10 Liza Armanita dari luar kotak penalti. Setelah itu, Papua terus menekan hingga pertandingan usai. Jawa Barat gagal mencuri angka hingga skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan sampai pluit panjang dibunyikan.

Tim Papua beserta penonton yang hadir bersorak gembira karena kemenangan itu. Wajar, karena cabor sepak bola dicintai masyarakat Papua.

Animo masyarakat Papua yang luar biasa disaksikan secara langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman yang didampingi Wakil Ketua Umum II Mayjen TNI Purn Soedarmo, Wakil Ketua Umum IV Chris John, Sekretaris Jenderal Drs. Tb. Lukman Djajadikusuma, MEMOS, dan Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat bidang Komunikasi Publik Dr. Aqua Dwipayana siang ini, Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) Kabupaten Merauke Othniel Mamahit beserta jajaran.

Hadir juga Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Papua yang juga Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano dan Bupati Merauke Romanus Mbaraka.

Pada Upacara Penghormatan Pemenang (UPP), pimpinan ketiga lembaga tersebut memberikan medali untuk para juara.

Ketum KONI Pusat menyerahkan medali perak untuk juara kedua, tim Jawa Barat.

Usainya penyelenggaraan sepak bola putri membuat bangga panitia pelaksana (panpel). Mereka telah berupaya maksimal untuk rangkaian pertandingan sepak bola putri. Para kontingen dari 5 provinsi juga diberikan pelayanan optimal oleh tuan rumah agar rangkaian pertandingan berjalan lancar.

“Tim tamu kami utamakan pelayanannya, mereka raja. Yang diutamakan adalah rasa aman dan nyaman, setelah itu pertandingan pasti lancar dan itu yang terjadi.” kata Ketua Panitia Pelaksana Piter Kalakmabin yang juga Wakil Bupati Pegunungan Bintang.