Ketum KONI Pusat Siang Ini Tinjau Pertandingan PON XX di Kabupaten Merauke

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman didampingi Wakil Ketua Umum II Mayjen TNI Purn Soedarmo, Wakil Ketua Umum IV Chris John, Sekretaris Jenderal Drs. Tb. Lukman Djajadikusuma, MEMOS, dan Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat bidang Komunikasi Publik Dr. Aqua Dwipayana siang ini, Senin, 11 Oktober 2021 bertolak ke Kabupaten Merauke untuk meninjau pelaksaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Sebelumnya, selain meninjau beberapa pertandingan di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, rombongan juga telah memantau klaster Kabupaten Mimika pada tanggal 6 – 7 Oktober 2021. Di Mimika, rombongan sudah melihat secara langsung berbagai pertandingan antara lain atletik, panjat tebing, biliar, terjun payung, basket 5 x 5 dan tarung derajat.

Beberapa pertandingan lain di Mimika sudah selesai ketika rombongan tiba, seperti judo, futsal, terbang layang. Selain itu, ada juga pertandingan aeromodelling, basket 3 x 3, dan bola tangan.

Rencananya, setiba di Merauke rombongan akan menyaksikan laga final sepak bola putri antara tuan rumah Papua dan Jawa Barat. Papua berhasil ke final pasca mengalahkan Bangka Belitung dengan skor 4-0 pada 9 Oktober 2021. Pada tanggal yang sama, Jawa Barat juga memenangkan pertandingan melawan DKI Jakarta dengan 3 gol tanpa balas.

Pertandingan Jawa Barat melawan DKI Jakarta.

Pertandingan digelar pada pukul 14.30 WIT di Stadion Katapal. Laga tersebut menjadi yang terakhir dari rangkaian pertandingan sepak bola putri yang dimulai sejak tanggal 3 Oktober 2021 lalu.

Di luar sepak bola putri, secara keseluruhan klaster Kabupaten Merauke mempertandingkan enam cabang olahraga (cabor), yaitu catur, gulat, anggar, bermotor, dan wushu. Tiga cabor terakhir sudah selesai dipertandingkan.

Pertandingan yang masih berlangsung adalah catur dan gulat. Catur yang dipertandingkan di Ballroom Hotel Swissbell digelar pada tanggal 4 – 13 Oktober 2021. Sedangkan penyelenggaraan gulat di GOR Futsal Dispora dihelat pada tanggal 8 – 14 Oktober 2021.

Setelah memantau beberapa pertandingan di Kabupaten Merauke, rombongan dijadwalkan kembali ke Jayapura pada 12 Oktober 2021 besok.