Sukses Ekonomi PON XX Berdampak Positif pada Masyarakat Papua

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua sudah usai dengan sukses, baik itu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi dan juga sukses ekonomi. Secara ekonomi PON XX memberikan dampak positif untuk Papua menurut data Bank Indonesia.

“PON XX meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Tahun 2021 sebesar Rp 1.222,84 milyar atau 0,7 -1,1% (yoy),” ujar Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) III Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Herman Ago pada Konsinyering TVRI terkait Evaluasi Kegiatan PON XX Papua tanggal 27 Oktober 2021 malam.

Herman Ago yang juga mantan presenter olahraga menjelaskan tentang sukses penyelenggaraan PON XX. Perhelatan akbar olahraga prestasi empat tahunan di Papua tersebut banyak mendapat apresiasi masyarakat. Salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir yang akui Opening Ceremony PON XX hampir menyamai Asian Games 2018.

Secara prestasi, PON XX terbukti sukses. Meski diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, para atlet mampu meraih prestasi. Terdapat pemecahan 56 rekor PON dan 34 rekor nasional. Hal tersebut adalah prestasi, mengingat bahwa persiapan para atlet disesuaikan dengan regulasi penanganan Covid-19.

Selain itu, penanganan Covid-19 dilakukan dengan baik, ketat dan konsisten. Adanya sebagian kecil yang terpapar juga mendapatkan tindakan yang baik. “Total terpapar 178 orang dan semua sudah dinyatakan sembuh dan sudah kembali ke daerah asal masing-masing,” tandasnya di Ballroom InterContinental Hotel Pondok Indah, Jakarta.

Jumlah tersebut sangat kecil jika dibandingkan dengan total mereka yang terlibat sekitar 30.000 orang. Dengan kata lain di bawah 1%. Selain itu, jumlah kasus Covid-19 pada PON XX jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kasus Olimpiade Tokyo 2020, yakni 430 kasus.

Hal yang tak dapat dikesampingkan adalah masyarakat Papua yang telah berupaya keras menjadi tuan rumah yang baik. “Mereka sangat welcome terhadap kehadiran orang-orang yang datang,” katanya.

Kondisi seluruh klaster penyelenggaraan PON XX juga sudah maju, seluruh kebutuhan tersedia. “Banyak pemberitaan yang tidak berimbang tentang Papua,” ujar Herman Ago berharap banyaknya pemberitaan yang menceritakan kondisi Papua sebenarnya.

Salah satu yang memberitakan PON XX dengan maksimal adalah TVRI. Herman Ago berterima kasih kepada TVRI yang turut sukseskan publikasi PON XX ke seluruh Nusantara.