Universitas Terbuka Berikan 100 Beasiswa kepada Atlet/Pelatih Berprestasi pada PON XX melalui KONI Pusat

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua telah tuntas dengan sukses. Salah satu sukses adalah sukses prestasi para atlet yang bertanding, selain sukses penyelenggara, sukses ekonomi dan sukses administrasi.

Universitas Terbuka (UT) memberikan perhatian kepada atlet yang sukses berprestasi pada PON XX melalui beasiswa pendidikan. Sejumlah 100 beasiswa pendidikan diberikan oleh UT, di samping memberikan apresiasi bagi mahasiswa/i UT yang telah berhasil mengukir prestasi pada PON pertama di masa pandemi Covid-19.

Rektor UT, Prof Ojat Darojat, Dip. Mgt., M.Bus., Ph.D. secara simbolis beasiswa pendidikan kepada Ketum KONI Pusat. Nantinya, KONI Pusat yang akan menyalurkan beasiswa kepada para atlet berprestasi PON XX yang ingin menempuh pendidikan di UT.

Atas perhatian yang diberikan kepada para atlet, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan apresiasi. “Saya memberikan apresiasi kepada Rektor UT dan jajarannya yang telah memberikan atensi besar terhadap atlet-atlet ini,” katanya dalam kegiatan penyerahan simbolis 100 beasiswa pendidikan bernama “Gempita UT di PON XX Papua” tanggal 1 November 2021.

Ketum KONI Pusat memandang penting pendidikan untuk para atlet, terutama untuk mempersiapkan diri pasca tidak lagi menjadi atlet. “Kita tidak ingin atlet yang sudah tidak berlaga menjadi orang-orang yang terlupakan. Salah satu cara adalah dengan bekal pendidikan,” tegas Marciano.

Dalam sambutannya, Ketum KONI Pusat bangga dengan Bangsa Indonesia yang mampu bangkit dari situasi Pandemi Covid-19. Penyelenggaraan PON XX di Papua adalah buktinya. “Bangsa kita adalah bangsa yang sangat ulet dalam menghadapi situasi ini. (PON XX Papua) ini menunjukkan kebangkitan bangsa dari masa Covid-19. Tidak banyak negara mampu melaksanakan kegiatan besar ini di masa pandemi,” ujarnya bangga.

Pada kegiatan tersebut juga diberikan apresiasi berupa beasiswa pendidikan bagi 13 mahasiswa/i UT yang berprestasi pada PON XX.  “Mahasiswa UT telah menunjukkan prestasinya. Mahasiswa UT juga berperan hadir di Papua dan kembali membawa prestasi,” sebutnya bangga.

Sang rektor juga tegaskan keunggulan perguruan tinggi yang dipimpinnya. Salah satu keunggulan yang diperlukan oleh para atlet adalah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sebagai satu-satunya PTN yang menerapkan PJJ, UT mengemban tugas layanan bagi siapa saja, tanpa terhalang lokasi, usia maupun tahun kelulusan SMA, termasuk mereka yang bekerja dan memiliki kesibukan seperti atlet,” tandas Ojat.

Berikut 13 nama Atlet dan pelatih dari UT yang berprestasi pada PON XX;

  1. Ni Luh Gede Hasita Prema Dewi (Ilmu Hukum S1 UT Denpasar) Medali Emas Kategori Freestyle Putri Kabaddi (Eksibsi) dan Medali Perunggu Kategori Super 5 Putri Cabang Olahraga Kabaddi (Eksibsi)
  2. Riska Meidita (S1 Akuntansi UT Denpasar) Medali Perunggu Shorinji Kempo (Embu Berpasangan Yudansha I DAN Putri)
  3. Alfi Syifa Nila Muna (S1 PGSD UT Semarang) Medali Emas Ring Sport Low Kick Putra 51Kg
  4. Muhamad Rifqi Tofani (S1 PGSD UT Semarang) Pelatih Alfi Syifa Nila Muna
  5. Febriana Dwipuji Kusuma (S1 Sistem Informasi UT Jember) Medali Emas Ganda Putri Bulutangkis, dan Medali Emas Beregu Putri
  6. Yuningsih Christiana Masoara (S1 Ilmu Hukum UT Palu) Medali Perunggu Cabang Karate
  7. Desandri (S1 Manajemen UT Bogor) Medali Emas Cabang Olahraga Kriket Super Eight Men dan Medali Perunggu Cabang Olahraga Kriket Sixes Men
  8. Ni Made Putri Suwandewi (S1 Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan UT Jakarta) Medali Perunggu Nomor Sixes, Medali Emas Nomor Super 8 dan Medali Perunggu Nomor T20
  9. Alma Fauziah Ismail (S1 Ilmu Hukum UT Bandung) Medali Emas Cabang Anggar Beregu dan Medali Perunggu Cabang Anggar Sabre Perorangan
  10. Komang Ayu Cahya Dewi (S1 Ilmu Hukum UT Denpasar) Medali Perak Cabang Bulutangkis Tunggal Putri Perorangan dan Medali Perunggu Beregu Putri
  11. Ridwan (Magister Manajemen Bidang Minat SDM UT Mataram) Medali Emas Lari 1.500 M Putra
  12. Nur Anisah (S1 PGSD UT Samarinda) Medali Emas Hoki Putri
  13. Fitriyani (S1 PGSD UT Samarinda) Medali Emas Hoki Putri