Pelepasan Kontingen Dancesport Indonesia Dilakukan Pasca Pelantikan PP.IODI

Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman dan Ketum PP.IODI Heru Susantio

Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat di Senayan, Jakarta menjadi saksi momen penting bagi Pengurus Pusat Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia (PP.IODI) masa bakti 2021-2025. Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman melantik dan mengukuhkan Ketum PP.IODI Heru Susantio beserta jajarannya hari Selasa tanggal 23 November 2021.

“Atas nama Komite Olahraga Nasional Indonesia dan selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya melantik dan mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pengurus Pusat Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia masa bakti 2021-2025,” tegas Ketum KONI Pusat saat pelantikan.

Ketum KONI Pusat berharap adanya perkembangan pesat dari pembinaan dancesport Tanah Air. Dancesport sendiri memiliki potensi besar karena dapat menjadi gaya hidup. Oleh karenanya, pengembangannya bisa bermanfaat bagi pembinaan atlet dan juga industri olahraga yang menyejahterakan pelakunya.

“Olahraga Dancesport Indonesia ini olahraga yang juga memerlukan kerja keras, kerja ekstra untuk meyakinkan para pecinta olahraga bahwa olahraga dancesport ini juga olahraga prestasi yang apabila dikelola dengan baik juga bisa memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk memberikan kontribusi maksimal,” jelas Marciano.

Dalam rangka mengantar atlet meraih prestasi, Ketum KONI Pusat berpesan agar merujuk Grand Desain Olahraga Prestasi Nasional Tahun 2021-2036 KONI Pusat dan juga Desain Besar Olahraga Nasional Kemenpora. “Kita harus satu jalan, satu garis dalam pembinaan olahraga prestasi,” kata Marciano.

Dengan tata kelola yang baik, Ketum KONI Pusat yakin masa depan cerah cabor Dancesport. “Dancesport juga bisa membuat Indonesia bangga,” tegasnya. Ia berpesan agar pengurus provinsi IODI dapat melakukan sosialisasi terutama pada generasi muda. Saat ini IODI telah tersebar pada 21 provinsi di Indonesia.

Ketum PP.IODI berterima kasih karena telah dilantik dan dikukuhkan oleh Ketum KONI Pusat. Heru Sutantio juga menjelaskan pihaknya telah melakukan seleksi nasional (seleknas) dan akan mengirim tiga orang atlet ke Paris untuk mengikuti kompetisi World Dance Sport Federation (WDSF). Momen tersebut diakuinya sebagai ajang uji coba bagi atlet Tanah Air.

Setelah rangkaian upacara pelantikan, Ketum KONI Pusat secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Paris. Mereka terdiri dari 2 atlet putra, Hanafi dan Nur Oktavian, seorang atlet putri bernama Dwi Cindy serta 2 orang ofisial, M.Farhan dan Febian S.Putra.

Atlet Dancesport mencium bendera Merah Puti

“Semoga para atlet ini akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik mengikuti kejuaraan dunia ini dan berprestasi serta membuat kita semua bangga,” kata Marciano melepas kontingen kebanggaan bangsa.

Pasca seluruh rangkaian kegiatan usai, atlet yang akan mewakili Indonesia sempat memperagakan kemampuannya di Lantai 12 Kantor KONI Pusat.