KONI Pusat Bekerja Sama dengan TWC Bangun Potensi Sport Tourism

Olahraga tak hanya berperan dalam kompetisi namun juga dapat mendorong pariwisata, atau sering disebut Sport Tourism. Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) sadari pentingnya peran olahraga.

Sebagai pengelola destinasi pariwisata berbasis cagar budaya, TWC mendukung Sport Tourism dan juga mengembangkan Quality-Wellness Tourism atau wisata kebugaran. Oleh karenanya, dilakukan kerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat sebagai wadah induk organisasi pembinaan olahraga prestasi Tanah Air.

Tujuan kerja sama tersebut adalah mengembangkan Sport Tourism pada kawasan di bawah pengelolaan TWC, namun juga meliputi Sport Industry dan Sport Science. Penandatanganan berkas kerja sama telah ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KONI Pusat Drs.Tubagus Ade Lukman Djajadikusuma, MEMOS dan Direktur Utama PT.TWC Edy Setijono di Teater & Pentas Ramayana Prambanan, Selasa 30 November 2021.

Sekjen KONI Pusat mengapresiasi TWC yang melibatkan olahraga dalam membangun potensi pariwisata. “Mewakili KONI Pusat, saya sampaikan apresiasi kepada TWC yang telah mengajak KONI berkolaborasi membangun Indonesia melalui olahraga,” tandas Ade Lukman.

Adanya kegiatan olahraga akan menambah nilai dari pariwisata itu sendiri menurut Ade Lukman. Perekonomian juga meningkat lebih dengan adanya kegiatan olahraga. Wisatawan akan melakukan belanja kebutuhan dan perlengkapan olahraga akibat euforia kegiatan yang ada. Salah satu bukti konkretnya perekonomian yang terdongkrak kegiatan olahraga adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua.

“PON XX meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Tahun 2021 sebesar Rp 1.222,84 milyar atau 0,7 – 1,1% (yoy),” tandas Ade Lukman.

“Program ini menjadi salah satu bagian dari perwujudan quality tourism. Kami mendukung program sport tourism yang memang mengombinasikan antara quality tourism, wellness dan sport tourism,” kata Dirut PT TWC Edy Setijono.

“Kami sepakat bersinergi untuk menghadirkan pariwisata yang unik serta berkualitas sehingga menciptakan pasar baru yang diminati masyarakat, terutama di saat pandemi. Selain itu, tentu kami mendukung upaya pemerintah serta KONI untuk meningkatkan prestasi olahraga dan industri turisme di Indonesia,” lanjut Edy Setijono. 

TWC menangkap peluang dengan menyusun program Temples Cycling Tour dengan rute Prambanan-Borobudur. Paket wisata sepeda dengan jalur Candi Prambanan-Candi Borobudur ini dapat dinikmati oleh masyarakat, khususnya pecinta sepeda dan komunitas pesepeda. Dalam paket ini, peserta gowes akan diajak melintasi beberapa candi, yaitu Candi Prambanan, Candi Lumbung, Candi Bubrah dan Candi Sewu. Setelah itu, mereka akan diajak melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur.